Antisipasi Kesalahan Input Jarak, Ini Yang Dilakukan Panitia PPDB Kota Batu

Suasana PPDB di SMPN 1 Kota Batu

KOTA BATU – Pada Mei lalu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN di Kota Malang sempat ricuh lantaran terjadi miss input antara jarak rumah yang terdata dengan jarak rumah sebenarnya. Sehingga banyak orang tua yang mengaku anaknya tidak diterima akibat kesalahan tersebut. Untuk mengantisipasi kejadian yang sama, panitia PPDB Kota Batu mengambil langkah tegas.

Kepala SMPN 1 Kota Batu, Tatik Ismiati, S.Pd mengatakan, saat verifikasi hingga input data orang tua wajib mendampingi calon siswa. Saat mendata alamat sesuai kartu keluarga (KK), input data tak asal dicatat. Layar maps yang mengeluarkan titik tempat tinggal akan dikonfirmasi dengan keadaan sekitar.

“Jadi misal keluar di titik Jalan Agus Salim, nah ini nggak boleh asal masuk terus keluar jarak. Karena bisa jadi maps-nya salah baca. Jadi akan kita konfirmasi apakah benar rumah dekat dengan toko ini, atau fasilitas publik ini. Sehingga untuk meyakinkan ketepatan jarak apakah akurat,” tegasnya.

Hal ini menurutnya harus dilakukan mengingat seleksi daring zonasi menggunakan tolok ukur jarak. Sementara pertimbangan waktu daftar menjadi pertimbangan kedua apabila jarak antar peserta diketahui sama.

“Ini juga harus diluruskan, yang diutamakan adalah jarak. Jadi ya meskipun datang pagi tetap yang didulukan yang jarak terdekat, bukan yang duluan daftar,” imbuh dia.

Salah satu orang tua dari Kelurahan Sisir, Jalan Agus Salim, Gatot Supriyanto mengaku telah berada di SMPN Kota Batu sejak pukul 05.00. Ia mengatakan hanya ikut saja datang mendaftar pagi-pagi. “Ya namanya orang mau antre juga takutnya ada apa-apa gitu. Jadi datang pagi juga aja,” ujarnya.

Perlu diketahui PPDB SMPN akan membuka pendaftaran dan seleksi hingga 19 Juni 2019. Sedangkan pengumuman akan dilakukan pada 21 Juni 2019 dan daftar ulang pada 24 Juni 2019. Hingga saat ini belum ada keluhan orang tua terkait sistem online pendaftaran. Mereka rata-rata masih sibuk mengumpulkan berkas ke sekolah terdekat. Pendaftaram online daring zonasi ini dibuka di 5 sekolah. Yakni SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 6.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Rida Ayu