Antisipasi Depresi Mahasiswa, UIN Bentuk Duta Sahabat Curhat

KOTA MALANG – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN (Universitas Islam Negeri) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang mempunyai terobosan baru untuk membantu mahasiswa UIN Maliki Malang yang sedang mengalami masalah dan butuh seseorang untuk bercerita atau konseling. Pusat studi yang diketuai oleh mantan dekan Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang, Dr. Hj. Istiadah, M.A. itu, membentuk kumpulan mahasiswa yang telah diseleksi dan dilatih layaknya konsultan, bernama Duta “Sahabat Curhat”.

Tugas dan misi dari Duta Sahabat Curhat, kata Istiadah, ialah mendengar dan menjadi teman bincang mahasiswa UIN Maliki Malang jika mereka mengalami berbagai macam problematika seperti masalah keluarga, asmara, ataupun kesulitan dalam hal studi. Harapannya, mental mahasiswa lebih stabil dan terhindar dari depresi.

“Kami memang sengaja memilih mahasiswa karena jika bercerita ke sesama mahasiswa pasti lebih nyaman. Daripada ke orang yang lebih tua. Jadi dengan adanya Duta Sahabat Curhat ini, mahasiswa UIN Malang yang sedang galau atau terpuruk langsung bisa berbagi cerita atau menyelesaikan masalahnya dengan Duta Sahabat Curhat,” tutur Istiadah saat acara open Recruitment Duta Sahabat Curhat di Auditorium Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang, Senin kemarin (14/10).

Ia menjelaskan, Duta Sahabat Curhat nantinya terdiri dari 20 mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas di UIN Maliki Malang. Mereka bakal dilengkapi dengan kemampuan komunikasi sekaligus wawasan spiritual dan juga umum seperti kesetaraan gender atau wawasan terkait hal psikologi.

“20 mahasiswa ini kita lengkapi dengan berbagai pelatihan, seperti wawasan spiritualitas, komunikasi dan beragam keterampilan menyelesaikan masalah yang dilatihkan melalui online seperti kelas whatsapp grup, atau offline seperti seminar dan workshop. Jadi mereka benar-benar akan menjadi pendengar yang baik sekaligus membuat nyaman teman-temannya yang curhat,” urai dia.

Untuk menghubungi Duta Sahabat Curhat sendiri, kata Istiadah, mahasiswa UIN Maliki Malang bisa langsung datang ke kantor PSGA UIN Maliki Malang, di perpustakaan pusat UIN Maliki Malang lantai satu. “Atau nanti kita akan bagikan contact personnya para Duta Sahabat Curhat dan itu gratis,” ujarnya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Fia