Antar Dewa ke Surga, Tiga Agama Sembahyang Bersama

MALANG KOTA – Beginilah cara tiga agama berbeda menunjukkan kerukunan dan kebersamaan. Mereka menggelar sembahyang bersama di Kelenteng Eng An Kiong di Jl. Laksamana Martadinata, Kota Malang, kemarin. Tiga agama itu yakni Khonghucu, Tao, dan Buddha Mahayana. Kegiatan sembahyang itu dilaksanakan secara rutin setiap menjelang tahun baru Imlek yang tahun ini jatuh pada 5 Februari 2019 mendatang.

Humas Kelenteng Eng An Kiong Anton Triyono menjelaskan, kegiatan sembahyang tersebut dalam rangka mengantarkan para suci (dewa) yang akan naik ke surga untuk melaporkan perbuatan umatnya selama satu tahun ini kepada Tuhan yang Maha Esa. ”Sehingga pada tahun baru itu para suci bisa bersih kembali,” ujarnya.

Sembari membawa dupa, sekitar 100 orang yang turut hadir dalam prosesi sembahyang tersebut tampak khidmat mengikuti imam. Mereka menghampiri satu per satu dari 16 altar yang ada di kelenteng tersebut untuk memohon ampunan dosanya selama ini kepada masing-masing dewa. Dewa-dewa tersebut di antaranya Dewa Bumi atau Fu De Zheng Shen, Nabi Khongcu, Nabi Lao Tzu, dan Siddh?rtha Gautama.

Setelah prosesi sembahyang tersebut, dilanjutkan dengan prosesi penyucian, mulai dari menyucikan kelenteng, rumpang/patung di setiap altar, hingga penyucian diri dari setiap umat.    

Pewarta               : Imron
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Abdul Muntholib
Fotografer          : Rubianto