Anies Pastikan Pasokan Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru Aman

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 pasokan kebutuhan pangan aman. Khususnya untuk beberapa komoditas pangan seperti beras, daging, telur, serta lainnya.

Anies menjelaskan tiga BUMD pangan di DKI telah diminta untuk menjaga pasokan pangan. Mengingat saat perayaan Natal dan Tahun Baru biasanya permintaan akan meningkat.

“Insya Allah pasokan kebutuhan untuk masyarakat di Jakarta khususnya pangan dalam kondisi terjaga aman baik,” jelas Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (20/12).



Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Trisno Nugroho terjaganya pasokan pangan di ibu kota ini berpengaruh dengan inflasi. Tercatat inflasi di Jakarta hingga November ini juga masih aman.

Trisno mengemukakan tingkat inflasi di DKI Jakarta per-November 2018 sebesar 0,30 persen (mtm) atau 3,33 persen (yoy). Dia menyatakan ini dikarenakan stabilitas harga-harga pangan serta tarif transportasi di ibu kota bisa tetap stabil.

“Stabilitas inflasi di ibu kota berdampak besar bagi terjaganya inflasi Indonesia secara keseluruhan, karena bobot DKI Jakarta mencapai 20,15 persen pada inflasi nasional,” ungkap Trisno.

Stabilitas ini akan dijaga dan dituangkan ke dalam bentuk roadmap pengendalian inflasi. Roadmap ini disusun oleh Tim Pengedali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta untuk periode 2019-2021.

“Roadmap TPID DKI Jakarta tetap mendukung 4K, yaitu Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, Keterjangkauan Harga, dan Komunikasi Efektif,” pungkasnya.

(rgm/JPC)