Anies Pastikan Kebutuhan Hidup Korban Kebakaran Pademangan Tercukupi

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyied Baswedan meninjau lokasi kebakaran di Kampung Bandan, RW 05 Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (12/5). Anies memastikan segala kebutuhan hidup korban terdampak kebakaran terpenuhi.

“Pemerintah langsung hadir sejak tadi malam. Kami dirikan tenda-tenda pengungsian, ada 4 posko pengungsian. Kemudian tim kesehatan juga,” kata Anies di Kampung Bandan, RW 05 Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (12/5).

Tak hanya berupa makanan dan minuman, Anies menyampaikan, bantuan berupa seragam sekolah pun telah didistribusikan. Di antaranya kepada lima siswa Sekolah Dasar (SD), 27 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan tiga siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Mereka semua (siswa) dijamin untuk bisa langsung sekolah tanpa ada gangguan. Untuk kebutuhan orang tua di sini kami siapkan dari Dinas Sosial yang sudah membantu dari tadi malam. Jadi, penanganan emergency (darurat) sudah dilakukan sekarang,” ucap Anies.

Selain itu, pemerintah juga membantu pelayanan kebutuhan dokumen kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan buku nikah. Warga diminta melapor kepada petugas agar semua dokumentasi yang dimiliki dapat dicetak kembali.

“Kami sudah siapkan. Begitu mereka lapor, langsung akan disiapkan penggantinya,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau memastikan, korban kebakaran di Kampung Bandan, Pademangan mendapatkan makanan sahur dan takjil gratis. Makanan berupa nasi bungkus itu mulai didistribusikan sejak Sabtu (11/5) malam.

“Malam ini kami berikan bantuan beberapa makanan bagi warga di sini (pengungsi),” ujar Syamsuddin.

Dia menambahkan, pemerintah juga memberikan logistik kepada warga. Antara lain 150 kilogram beras, 25 dus mie instan, lima dus sarden, dan 10 dus biskuit.

Tak hanya itu, logistik berupa perlengkapan sehari-hari juga didistribusikan mulai dari 160 lembar selimut, 21 lembar terpal, 20 lembar matras, 50 item daster, hingga 48 paket sandang.

“Tentunya pendistribusian logistik akan terus dilakukan bukan hanya hari ini. Pendistribusian bantuan ini sampai tujuh hari ke depan,” ucapnya.

Senada, Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Utara, Aji Antoko menerangkan, bantuan yang diberikan berasal dari Dinas Sosial DKI Jakarta. Bantuan didistribusikan dengan menyesuaikan data korban terdampak di lokasi tersebut.

“Intinya di sini Pemprov DKI dan Pemkot Jakarta Utara siap membantu para korban terdampak,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran melanda lingkungan RT 11, 12, dan 13 RW 05 Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Sabtu (11/5) siang. Sebanyak 450 bangunan semi permanen hangus dilahap si jago merah. Sedikitnya 400 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan