Anies Janji Berikan Kartu Pekerja untuk Buruh, Ini Syaratnya







JawaPos.com – Pemprov DKI Jakarta resmi akan menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP), walaupun besarannya masih dirahasiakan. Namun sebelum itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyampaikan janji-janji manis.







Seperti salah satunya, Anies akan memberikan Kartu Pekerja untuk menikmati transportasi dengan gratis. Tidak berhenti disitu, subsidi yang menyertai kenaikan UMP 2019 ada juga seperti KJP Plus, dan program Rumah DP 0 Rupiah.








“Kartu pekerja ini jangkauannya harus luas. Tapi kalau kami yang menjangkau tidak berhasil. Jadi kami perlu bantuan dari teman-teman karena itu dengan Serikat Pekerja kita ingin kerja bersama,” kata Anies di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (25/10).






Walau begitu, Anies menyatakan syarat penerima Kartu Pekerja ini yaitu harus berpenghasilan maksimal 10 persen melebihi UMP. Kartu ini nantinya akan dibuatkan jaringan profesinya sehingga dapat digunakan juga untuk pendidikan anak.






“Tersedia fasilitas KJP bagi anak-anak para pekerja, itu menjangkau lebih banyak. Kalau dulu kita menjangkau anak itu hanya berbasis sekolah, sekarang kita ingin menjaringnya lewat basis profesi,” terang Anies.






“Kalau beliau pengemudi ya otomatis pastinya akan berhak. Pengemudi angkot sudah tentu. Guru UMP plus-minus 10 persen sudah pasti. Jadi kelompok inilah yang kita ingin kita jangkau,” tuturnya.







Menanggapi hal tersebut, Ketua KSPI Said Iqbal menyambut baik upaya Pemprov dalam memberikan kesejahteraan bagi warga Jakarta. Said mengaku setuju dan berjanji akan memantau dan mengawasi program ini.







“Setelah berdialog berdiskusi panjang-lebar, tidak hanya hari ini, tapi jauh sebelumnya dengan Pak Gubernur dan jajaran memang kami mengapresiasi,” ungkap Said di Balaikota DKI Jakarta.






Langkah yang baik menurutnya, Pemprov DKI melirik para buruh atas pelibatan kenaikan UMP 2019 ini. Ke depan Said berharap Anies akan terus berpihak kepada masyarakat terutama soal pengupahan.






(rgm/JPC)