Anies Disarankan Tak Perlu Ikuti Jejak Jokowi

Anies Disarankan Tak Perlu Ikuti Jejak Jokowi

JawaPos.com – Pengamat politik dari Vox Center Pangi Syarwi Chaniago menyarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk tak mengikuti langkah Joko Widodo (Jokowi) maju di pilpres 2019 mendatang. Pasalnya, sikap itu merupakan tindakan yang tidak baik bagi budaya perpolitikan yang ada.

Hal itu diungkapkan Pangi saat menghadiri acara diskusi di Kawasan Jakarta Pusat, Rabu (18/7). Dia mengatakan, langkah yang diambil oleh Jokowi untuk melompat ke jabatan yang lebih tinggi dinilainya tak perlu ditiru oleh Anies. 

“Pak Anies Baswedan sebaiknya tak perlu meniru Jokowi. Bagi saya beliau harus berkomitmen untuk menyelesaikan DKI Jakarta,” kata Pangi.

Menurut Pangi, jabatan yang diemban oleh Anies dirasakan masih sangat singkat di DKI Jakarta. Apalagi telah banyak mengorbankan biaya politik dan konflik yang besar di pilkada lalu, karena itu keputusan mantan mendikbu untuk maju di pilpres diprediksi akan mengganggu sistem politik bangsa.



“Perang di DKI saat pilkada kemarin sangat menyisakan kerusakan dan luka yang mendalam. Konflik terjadi dimana-mana. Masa enak saja mau tinggalkan Jakarta demi pragmatis, populisme dan demi  (kepentingan) cukong dan bandar-bandar,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pangi menambahkan, Anies saat ini dinilianya tengah dimanfaatkan sebagai tameng dan boneka untuk para elite dan konglomerat. Baginya, mereka tak akan bertanggung jawab dengan berbagai dampak yang ditimbulkan gangguan sistem politik bangsa.

“Maka bagi saya pak Anies mesti wajib 5 tahun untuk demokrasi kedepan,” pungkasnya.

(aim/JPC)