Ani Yudhoyono Wariskan Rumah dan Mobil Pintar

JawaPos.com – Semasa mendampingi SBY menjalankan tugas sebagai presiden, Ani Yudhoyono menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap dunia pendidikan. Mobil Pintar dan Rumah Pintar.

Itulah program peduli pendidikan yang diinisiasi Ani bersama istri-istri menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB).

Program Mobil Pintar dan Rumah Pintar digulirkan melalui Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB).

Pada 2007, tercatat ada tujuh unit Mobil Pintar. Koleksi bukunya mencapai 14 ribu judul. Pada tahun yang sama, SIKIB memiliki tiga buah Rumah Pintar. Ada juga 27 unit Motor Pintar. Jumlah mobil, motor, dan rumah tersebut terus bertambah setiap tahun. Rumah Pintar, misalnya, mencapai 250 di seluruh pelosok Indonesia.



Pakar pendidikan Arief Rachman menyebut Ani sebagai sosok yang punya kontribusi terhadap dunia pendidikan tanah air. “Tidak sedikit kiprah Ibu Ani mendorong agar semua anak di Indonesia memiliki pendidikan bermutu,” ujar pria yang pernah menjadi ketua harian Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO itu.

Menurut Arief, pendirian Rumah Pintar dan Mobil Pintar menjadi sarana pendidikan bagi masyarakat di luar sekolah formal. Fasilitas tersebut berfungsi sebagai tempat belajar dan perpustakaan untuk menumbuhkan minat baca.

Suasana saat doa bersama di rumah duka almarhumah Ani Yudhoyono di cikeas, Jawa Barat, Sabtu (1/5). (Miftahulhayat/Jawa Pos)

Arief mengaku sering bersua langsung dengan Ani. Dalam setiap pertemuan itu, Ani kerap menyampaikan sejumlah pandangannya. Salah satu yang masih diingat Arief adalah urusan pembangunan pendidikan tak boleh hanya mengunggulkan otak. Tetapi juga harus memiliki kepribadian yang unggul.

Kenangan senada diungkapkan drg Laily Rahmawati, istri mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh. Menurut Laily, Ani merupakan sosok yang menginspirasi. Dia mendukung program-program SBY dengan mendorong istri-istri menteri KIB untuk aktif memajukan Indonesia. “Mulai pendidikan, kepedulian sosial, hingga penghijauan,” ujarnya.

Selain program Indonesia Pintar, ada Indonesia Hijau, Indonesia Peduli, Indonesia Sehat, dan Indonesia Kreatif. “Yang sangat melekat dalam diri beliau adalah sangat peduli terhadap sesama,” kenangnya.

Di sisi lain, Ani Yudhoyono juga dikenal sangat lekat dengan fotografi. Fotografer profesional Darwis Triadi menilai, Ani memiliki kepekaan yang luar biasa baik. Meski, Ani hanya belajar secara otodidak. Bagi Darwis, Ani membawa spirit positif melalui jepretannya. “Ibu itu memotret dengan hati. Buat saya, Ibu itu memiliki sesuatu visual yang berbeda. Mata itu hanya untuk mewakili apa saja yang dilihat,” tutur Darwis.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (wan/ayu/han/c9/c11/fal)