Angkat Wisata Gumul Berbuah Pimnas

Terbiasa peka pada lingkungan bisa menimbulkan ide untuk berkreasi. Inilah yang dirasakan lima mahasiswi Universitas Negeri Malang (UM) saat bermain ke Simpang Lima Gumul (SLG), saat membuat ide program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan (PKM-K), beberapa bulan lalu.

Yaitu pengamatan tentang merchandise di pusat pariwisata Kabupaten Kediri yang hanya menampilkan foto SLG. Sehingga, lima mahasiswi ini berniat untuk mengubah foto SLG menjadi karakter kartun yang lebih kreatif dan lucu.

Empat mahasiswi ini adalah Leny Suryani, Dwi Yudi Novitasari, Rahmi Rabbani, dan Elvira Ika Prastia. ”Waktu kami main ke sana, merchandise berupa foto SLG, kami coba bikin karakter kartun yang lebih kekinian,” kata Ketua Tim Sadulur Kadiri Leny Suryani, kemarin.

Usaha yang diberi nama Sadulur Kediri ini terdiri dari lima karakter. Yaitu Gumul, Klud, Ranan, Poh, dan Tata. Di mana lima karakter ini juga dibuat dalam bentuk merchandise seperti gantungan kunci, T-shirt (kaus), dan buku mewarnai.

”Desain karakter yang kami buat juga sudah divalidasi Ketua Asosiasi Desain Grafis Indonesia (Andreas Syah Pahlevi),” ungkap mahasiswi asal Kediri ini.



Berkat inovasi ini, timnya juga mendapatkan tiket melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) di Universitas Udayana, Bali, 27–31 Agustus mendatang.

Timnya berharap bisa mempersembahkan medali emas dalam gelaran tahunan bergengsi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI ini. ”Kami targetkan bisa dapat emas (di Pimnas),” tandasnya.

Pewarta : Sandra Desi
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Imam Nasrodin