Angin Kencang Serang Kota Batu

KOTA BATU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu dibuat pontang-panting oleh angin kencang yang menerpa Kota Batu Kamis siang (10/10). Pasalnya akibat dari angin kencang tersebut mengakibatkan pohon tumbang di kawasan Jembatan Kalilanang Kelurahan Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji dan atap rumah melingkap di kawasan Jalan Wukir RT 003 RW 003 Kelurahan Temas Keamatan Batu.

“Beruntung dari dua tempat kejadian perkara (TKP) tersebut semuanya aman dan tidak ada korban jiwa,” terang Abdul Choirur Rochim Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu. Ia juga mengungkapkan angin kencang yang menerpa Kota Batu sejak siang hingga saat ini masih diperkirakan mencapai 45 km/jam.

Dari data yang dihimpun, tumbangnya pohon Mahoni dengan tinggi 15 meter dan berdiameter 20 cm tersebut tumbang dikarenakan rapuhnya akar yang tidak kuat menopang beban angin yang menghembus ke pohon tersebut. Sedangkan pada atap rumah di Jalan Wukir tersebut merupakan rumah dari Hartono salah satu anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Batu dan hanya menimbulkan kerugian materi.

“Yang kami khawatirkan mulai terjadi. Oleh sebab itu kami menghimbau kepada masyarakat Kota Batu agar terus selalu berhati-hati,” imbuh Rochim. Ia juga memberikan pengarahan terhadap anggota desa dan kelurahan tangguh untuk mengedukasi kepada anggota keluarganya dalam menghadapi kebencanaan. “Minimal keluarganya dulu. Sekecil apapun edukasi maka bisa mengurangi kemungkinan terjadinya korban,” pungkasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia