Anggota Komisi X Kritisi Naturalisasi Pemain Usia Uzur

Anggota Komisi X Kritisi Naturalisasi Pemain Usia Uzur - JPNN.com

Anggota Komisi X DPR RI Irine Yusiana Roba Putri dsri fraksi PDIP memberikan kritik atas naturalisasi pemain usia uzur. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ataupun PSSI harus bisa lebih cermat lagi dalam melakukan naturalisasi pemain. Kritik soal naturalisasi pemain yang telah melebihi usia emas ini dilontarkan beberapa anggota Komisi X DPR RI.

Salah satu yang mengingatkan ialah Irine Yusiana Roba Putri, anggota DPR RI asal dapil Maluku Utara.

“Kalau saya sudah melihat datanya, pemain naturalisasi itu harusnya tidak overuse, sudah lewat golden age-nya. Jangan-jangan nanti malah jadi beban, bukan keuntungan buat Indonesia,” katanya.

Dia melontarkan kritik tersebut karena menilai sosok pesepak bola Fabiano Beltrame sudah memasuki umur 37 tahun. Usia yang uzur bagi seorang pemain bola.

“Kalau naturalisasi yang basket itu masih 19 tahun, itu masih masuk akal. Ke depan batasan-batasan dari sisi olahraganya ini harus disiapkan, jangan asal naturalisasi tetapi usia emasnya sudah lewat,” tandasnya.

Fabiano saat dinaturalisasi telah berumur 37 tahun. Sementara pebasket putri Peyton Whitted baru berumur 19 tahun. (dkk/jpnn)