Anggarkan Rp 291 Miliar, Anies Bagikan 40 Ribu Kartu Lansia

JawaPos.com – Dalam meningkatkan kesejahteraan orang tua lanjut usia (lansia) di ibu kota, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan memberikan bantuan Rp 600 ribu tiap bulannya. Anies menyatakan uang tersebut akan diberikan oleh Bank DKI dalam bentuk Kartu Lansia setiap tiga bulan sekali. Akan ada sekitar 40 ribu kartu yang akan dibagikan.

“Jumlah yang diberikan di tahun 2019 ini sebesar 40.419 orang lansia dengan alokasi anggaran Rp 291 Miliar, ini dikelola Dinsos,” ucap Anies di Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara, Rabu (24/4).

Anies melihat bahwa masih banyak lansia di Jakarta yang masih dirawat oleh keluarganya yang berkecukupan. Tetapi jikalau ada yang berkekurangan, dia berharap warga sigap melaporkan.

“Bila kondisi ekonominya tak cukup maka pemerintah ada untuk melindungi,” harap Anies.



Anies menyatakan untuk menerima kartu lansia memiliki syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya warga DKI yang berusia di atas 60 tahun, dan tidak dalam keadaan sehat.

Lalu, lansia yang tidak memiliki penghasilan tetap, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan dasarnya. Secara fisik dan psikologis juga memiliki kendala bgitu termasuk penyakit menahun dan sama sekali tidak bisa melakukan kegiatan.

“Intinya adalah orang tua di Jakarta harus kita hormati,hargai dan lindungi,” tandasnya