Andalkan Apel, Desa Tulungrejo Wakili Batu di Anugerah Wisata Desa

KOTA BATU – Selain Pandanrejo dengan wisata strawberry, desa Tulungrejo juga dipilih sebagai salah satu desa wisata yang diikutkan oleh Dinas Pariwisata Kota Batu dalam nominasi Anugerah Wisata Jawa Timur 2019. Hal ini dikarenakan desa Tulungrejo dianggap sudah siap sebagai perwakilan wisata edukasi alam sebagai ikon Kota Batu yang identik dengan apelnya.

“Ada 9 hektar kebun apel di sana. Tentu hal itu sangat mendukung terlebih produksinya juga apel yang notabene jadi ikonik Batu,” ungkap Plt. Kepala Dinas Pariwasata Kota Batu, Imam Suryono.

Ia menerangkan, Desa Tulungrejo merupakan satu-satunya desa yang memiliki wisata petik apel di Kota Batu dan banyak dikunjungi oleh wisatawan Kota Batu.

Hal ini dibenarkan oleh Suliyono Kepala Desa Tulungrejo ketika dikonfirmasi radarmalang.id. Ia mengungkapkan dengan Rp 25 Ribu maka wisatawan bisa memakan apel sepuasnya.

“Produk apel juga banyak sekali di sini meliputi cuka apel, dan kripik apel,” jelas Suliyono.



Suliyono menambahkan, berbagai persiapan dilakukan Desa tulungrejo agar bisa unggul di ajang Anugerah Wisata Jatim 2019. Salah satunya, ia telah menginstruksikan kepada warga desa untuk menanam 1200 pohon dalam satu hektar kebun apel.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Rubianto/dok JPRM
Penyunting: Fia