Anda Penderita Diabetes? Ikuti Diet 2.500 Kalori Diabetes Militus ini

KOTA MALANG – Penderita Diabetes Melitus atau yang biasa disebut dengan kencing manis adalah gangguan metabolisme gula darah yang disebabkan hormon insulin sehingga terjadi peningkatan kadar gula darah ini jadi salah satu concern Dinkes Kota Malang. Karena penanganannya yang gampang gampang susah, masyarakat perlu tahu salah satu cara diet bagi penderita penyakit ini.

Salah satu Puskesmas di Kota Malang, Puskesmas Kendalkerep yang berada di Jalan Sulfat no. 100 Malang adalah salah satu puskesmas yang rajin mencanangkan pola hidup sehat khususnya bagi penderita penyakit diabetes militus ini.

Kepala Puskesmas Kendalkerep, dr. Lisna menyebut diet ini berguna selain untuk kebutuhan harian makanan yang sesuai kebutuhan, juga agar pasien diabetes bisa mempertahankan kadar gula darah hingga normal.

“Berat badan juga akan normal, juga mencegah kadar gula darah terlalu rendah yang dapat mengakibatkan pasien pingsan, juga mencegah komplikasi,” tuturnya.

Dalam pelaksanaan diet, yang harus diingat adalah 3J, yaitu Tepat Jadwal, Tepat Jenis dan Tepat Jumlah. Untuk jadwal maksudnya saat makan harus diikuti dengan pembagian 3 kali makanan pokok dan 3 kali makanan selingan. “Dengan interval adalah 3 jam,” pungkas Lisna.



Yang kedua adalah tepat jenis. Yaitu, penggunaan lemak yang berasal dari hewan dan beberapa lemak tumbuhan harus dibatasi.

Sedangkan yang ketiga adalah tepat jumlah. “Maksudnya jika penderita gemuk, jumlah kalori harus dibatasi,” tukas dia.

Contoh makanan waktu diet yang dianjurkan saat pagi adalah makan roti putih dengan selai kacang, telur rebus, lalap daun selada atau tomat dan selingannya, jam 10 makan buah seperti apel.

Untuk menu siang, dianjurkan menu seperti nasi, semur daging, tempe goreng, pecel dan selingan sore hari pukul 4 sore memakan puding pepaya.

Dan menu malam, bisa memakan nasi, pepes ikan, cah tahu, tumis kangkung dan apel. “Jam 9 malam bisa diselingi camilan krakers tawar atau buah,” ujar Lisna.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Elfran Vido