Anak Pramuka Wajib Baca, Mengenang 95 Tahun Jambore Pramuka Dunia Kedua

Jambore Pramuka Dunia Kedua@MalangTODAY

MALANGTODAY.NET- Hari ini, 9 Agustus bertepatan dengan diadakannya Jambore Pramuka Dunia kedua. Jambore Pramuka Dunia kedua adalah pertemuan yang diadakan di Ermelunden, Copenhagen, Denmark. Pertemuan ini berlangsung pada tanggal 9 hingga 17 Agustus 1924.

Jambore Dunia kedua ini secara resmi dibuka pada tanggal 10 Agustus 1924 oleh Real-Admiral Carl Carstensen, yang mewakili Raja Christian X dari Denmark.

Pada jambore ini terdapat empat belas negara yang mengikuti kegiatan kompetisi kepanduan yang terdiri dari tes keterampilan Scouting, tes stamina, inspeksi perkemahan, kebersihan, kedisiplinan, lagu api unggun, tarian rakyat, renang, kerajinan tangan, dan hiking.

Pada Jambore ini, Kepanduan laki-laki Amerika (The Boy Scouts of America) memenangkan kompetisi secara umum. Posisi kedua diraih oleh Kepanduan Inggris Raya dan Kepanduan Hungaria pada posisi ketiga.

Tuan rumah pada Jambore Dunia ini adalah Christian Holm yang merupakan Ketua Det Danske Spejderkorps. Dalam pelaksanaan kegiatan ia dibantu oleh tiga pandu muda yaitu: Ove Holm, Jens Hvass dan Tage Carstensen.

Ada yang berbeda dari Jambore Dunia yang kedua ini. Pada Jambore ini, para pandu tidur di luar ruangan di dalam tenda. Hal ini berbeda dengan Jambore Dunia pertama yang diadakan di dalam ruangan dengan atap kaca.

Sebanyak 4.549 pandu mengikuti jambore ini dan sempat basah kuyup karena hujan dan banjir. Alhasil, selama 1 malam mereka menginap di rumah penduduk setempat

Penulis: Tria
Editor : Bang een