Anak Laki-laki Dilarang Minum Susu Kedelai, Mitos atau Fakta?

Struktur Kepangkatan di Tubuh Polri Bakal Ada Perubahan

jpnn.com – Susu kedelai adalah jenis susu berbahan dasar isolat protein kedelai (soya). Susu jenis ini sering dijadikan alternatif utama untuk Si Kecil yang alergi susu sapi.

Pasalnya, susu kedelai juga mengandung protein berkualitas tinggi dan diperkaya dengan berbagai vitamin maupun mineral yang mampu menunjang tumbuh kembang Si Kecil.

Kendati begitu, ada kabar yang menyebut bahwa susu kedelai sebaiknya tidak dikonsumsi oleh Si Kecil yang laki-laki karena bisa mengganggu sistem reproduksi. Lantas, bagaimana pandangan medis terkait hal ini?

Mengungkap kandungan gizi susu kedelai

Susu kedelai mengandung  isolat protein kedelai yang berkualitas tinggi. Susu kedelai juga mengandung karbohidrat berjenis oligosakarida.

Jenis karbohidrat ini cukup baik untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik di usus besar. Selain itu, kandungan protein dalam susu kedelai juga berkualitas tinggi dan terdiri dari ragam asam amino yang cukup lengkap.

Mengenai kandungan lemak, susu kedelai mengandung lebih banyak jenis lemak tidak jenuh. Beberapa di antaranya adalah omega-3 dan omega-6, yang terbukti bermanfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak anak. Kandungan lemak jenuh dalam susu kedelai juga sangat rendah bila dibandingkan dengan susu sapi.

Kandungan vitamin dan mineral pada susu kedelai juga tidak kalah lengkap dengan susu sapi. Lebih dari itu, terdapat pula suatu zat istimewa pada susu kedelai, yaitu isoflavon. Kandungan isoflavon dalam susu kedelai memiliki banyak manfaat, seperti antioksidan, antiradang, hingga antikanker. Isoflavon juga telah diteliti bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mampu mencegah osteoporosis.