Americo Penentu Nasib Kiper Arema

MALANG KOTA – Menjelang latihan perdana pada 16 Januari ini, posisi penjaga gawang Arema FC masih kritis. Sebab, dari empat penjaga gawang yang dimiliki, baru Kurniawan Kartika Aji dan Andriyas Francisco ”Ciko” yang sudah dipastikan bakal memperkuat Singo Edan untuk Liga 1 2020 ini.

Artinya, baru dua nama yang ready. Sedangkan dua penjaga gawang lain, yakni Utam Rusdiana dan Sandy Firmansyah, nasib mereka masih belum jelas. Apakah, akan dipertahankan atau dilepas Arema FC.

General Manager Arema FC Ruddy Widodo menjelaskan, bagaimana nasib kedua sosok itu, masih menunggu pelatih kiper anyar Felipe Americo. ”Pelatih kiper baru yang akan menentukan,” ucap pria berusia 48 tahun itu.

Menurut dia, seperti halnya Mario Gomez, pelatih kiper asal Brasil juga mempunyai kendali penuh untuk penjaga gawang Singo Edan. Dalam perjalanannya di kompetisi lalu, posisi ini memang mendapatkan sorotan tajam.

Sebab, selama kompetisi bergulir, Arema telah kebobolan 62 gol. Menjadi jumlah kemasukan terbanyak kedua di Liga 1 tahun lalu. Untuk Utam Rusdiana dari 13 kali bermain, kemasukan 23 gol dan dua kali sukses menggagalkan tendangan penalti.

Sandy Firmansyah dipercaya bermain sebanyak 2 kali, kemasukan 3 gol. Meski dibayangi rekor kurang bagus, namun Ruddy mengaku para penjaga gawang Arema FC tetap mempunyai potensi yang besar.

Sebab baginya, kebobolan bukanlah salah penjaga gawang saja. Namun ada banyak faktor, entah itu disiplinnya pertahahan, kurang konsentrasi, hingga kesalahan-kesalahan kecil diciptakan defender.

”Sebetulnya kiper-kiper Arema punya potensi yang bagus. Makanya tinggal bagaimana penilaian pelatih baru kepada mereka,” tutur dia. Lebih lanjut, Ruddy mengaku untuk penjaga gawang rencananya musim mendatang tidak akan menggunakan 4 penjaga gawang.

”Keinginannya kami gunakan tiga saja, dan saat latihan mengajak kiper akademi agar jumlahnya empat untuk latihan,” ungkap dia. Kendati masih menunggu pelatih baru untuk menentukan nasib kiper-kiper Arema.

Namun, santer diberitakan kalau penjaga gawang PS TIRA-Persikabo, Teguh Amiruddin, merapat ke Singo Edan untuk kompetisi mendatang.

Pewarta : Galuh Prasetyo
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro