Alhamdulillah, Coblosan Pilgub di Kota Batu Lancar

TPS Keliling.

KOTA BATU – Perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim di Kota Batu berlangsung tanpa kendala berarti. Tensi politik yang tak begitu tinggi membuat proses pemungutan suara berlangsung lancar dan tenang. Meski begitu, partisipasi politik warga untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) cukup tinggi.

Setelah menyalurkan hak pilihnya di TPS 22 di Jalan Lahor, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko langsung melakukan pemantauan ke sejumlah TPS. Wali kota didampingi Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto, Dandim 0818 Kabupaten Malang/Kota Batu Letkol (Inf) Ferry Muzawwad, serta jajaran Forkopimda Kota Batu lainnya.

”Dari pantauan yang kami lakukan, pelaksanaan pemungutan suara berlangsung lancar,” terangnya. Beberapa TPS yang dikunjungi, di antaranya TPS 14 di Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) Batu, TPS 9 Junrejo, serta TPS 10 Pandanrejo.

Sementara itu, Wakil Wali (Wawali) Kota Batu Punjul Santoso optimistis partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS cukup tinggi. ”Dari hasil saya keliling tadi pagi, animo masyarakat (Kota Batu) sepertinya sangat baik,” kata dia.

Sekilas, Punjul mengakui, antusiasme warga lebih baik saat Pilwali Batu dibandingkan pilgub. Namun, dia tetap optimistis bahwa partisipasi pemilih tetap tinggi.



Punjul juga memuji pihak penyelenggara karena telah melakukan berbagai upaya menarik untuk menggaet banyaknya pemilih. ”Tadi saya lihat ada yang berpakaian adat. Ada yang menghias TPS sedemikian rupa hingga pemilih bersemangat datang mencoblos,” kata dia.

Saat menyalurkan suaranya, Punjul ditemani sang istri Wibi Santoso dan salah seorang putranya. Dia mendatangi TPS 11 di dekat rumahnya, di Jalan Diran RT 5, RW 2, Kelurahan Sisir, Kota Batu. Tidak ada prosesi khusus yang dilakukan wawali yang juga sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Batu itu.

Sekitar pukul 08.45, Punjul dan keluarganya berjalan kaki ke TPS 11. Raut wajahnya terlihat bahagia. Sesekali dia juga menyapa warga yang datang ke TPS dan sempat menyantap kerupuk serta mencicipi makanan yang disediakan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Sama seperti warga lainnya, orang nomor dua di pemerintah kota (pemkot) Batu itu juga mengantre. Beberapa saat kemudian, namanya pun dipanggil untuk mencoblos.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Achmad Yani
Foto: Rubianto