Alasan di Balik Penunjukan Djarot, Mega: Masih Muda Suruh Nganggur

Megawati menceritakan ihwal penunjukan Djarot untuk maju di Pilgub Sumut. Saat itu dirinya sedang berdiskusi dengan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengenai siapa calon yang akan diusung.

“Jadi kita sempat bingung. Saat itu, saya lagi pergi bersama pak sekjen, kemudian saya lihat tampangnya Hasto, dan bilang, Hasto kenapa tidak lihat di dekat kita saja,” ujar Megawati seperti menceritakan awal penunjukan Djarot Saiful Hidayat di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Kamis (4/1).

Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat
(JawaPos.com)

Saat itu, dikatakan Megawati, Hasto pun langsung bertanya siapa orang yang dimaksud. Namun, dengan tegas Presiden Indonesia kelima itu langsung menyebut nama Djarot Saiful Hidayat.



“Djarot masukin saja ke Sumatera Utara,” tegas Megawati.

Menurut Megawati, kader berkualitas seperti Djarot sangat disayangkan apabila dibiarkan menganggur. Apalagi selama di DKI Jakarta kepemimpinannya sudah teruji. Sehingga tidak perlu diragukan lagi.

“Masa sih masih muda suruh nganggur,” ungkap Megawati.

Setelah percakapannya dengan Hasto tersebut, Megawati pun memanggil Djarot untuk menemuinya. Dalam pertemuan tersebut, Megawati mengaku langsung menugaskannya untuk di Pilgub Sumatera Utara.

“Saya bilang ke Djarot, karena saya ketua umum partai dan kamu (Djarot) adalah petugas partai. Jadi saya tugaskan kamu di Sumatera Utara,” tanya Megawati kepada Djarot.

“Mau bu karena saya sebagai petugas partai, mudah-mudahan rakyat Sumatar Utara bisa menerima,” jawab Djarot.

?Sebelumnya, Djarot Saiful Hidayat ditunjuk oleh Megawati untuk ikut kontestasi di Pilgub Sumatera Utara di 2018 nanti. Namun, demikian itu adalah penunjukan saja, mengenai resmi mengusungnya dikatakan Megawati akan diumumkan dalam waktu dekat ini.

“Memang tidak saya umumkan dahulu bersama wakilnya, nanti saya umumkan resmi pada 7 Januari,” ujar Megawati di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Kamis (4/1). 


(gwn/JPC)