Alamak, Caleg di Kota Malang Masih Banyak yang Kena Kasus Korupsi

MALANG KOTA – Tuntas sudah penetapan daftar calon tetap (DCT) calon legislatif (Caleg) Kota Malang. Sebanyak 529 calon tetap pada Pemilu 2019 mendatang, ditetapkan KPU Kota Malang, Kamis (20/9).

Ketua KPU Kota Malang, Zainuddin menyampaikan penetapan DCT tersebut telah melalui proses pengembangan dari daftar calon sementara (DCS) yakni 535 calon.

“529 caleg yang kita tetapkan sebagai calon tetap dalam Pemilu 2019 tersebut. Jumlahnya berkurang dari DCS disebabkan beberapa hal. Ada caleg yang mengundurkan diri, ada juga yang diberhentikan keanggotaannya dari parpol sehingga statusnya menjadi tidak memenuhi syarat,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, beberapa caleg yang masuk daftar DCS sedang berproses dengan hukum. Parpol melakukan tindakan tegas dengan menarik dokumen pencalegan.

“Memang ada beberapa opsi dari parpol yang memohon untuk dicoret. Tetapi pencoretan itu harus dilengkapi dengan data pendukung,” imbuhnya.

Sampai saat ini, masih ada 12 caleg yang menyandang status tersangka korupsi dana APBD-P 2015. “Itu semua tersebar di hampir semua dapil. Ada 7 parpol yang anggota calegnya terjerat kasus di KPK. Di antaranya PKB, Gerindra, PDIP, PPP, PAN, Hanura, Demokrat,” tandasnya.

Pewarta: Arifina
Fotografer: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah