Ala Majapahit hingga Tema Sakera

MALANG KOTA – Kreativitas warga Kota Malang tecermin dalam Festival Kendaraan Hias yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, kemarin (19/8). Aneka macam kendaraan ditampilkan oleh masyarakat dan instansi. Seperti kendaraan yang full dengan bunga ditampilkan oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Lalu, ada kendaraan berbentuk kereta dari Kelurahan Dinoyo. Warga Kelurahan Bumiayu pun menampilkan tema Sakera. Sedangkan Kelurahan Kasin yang menjadi juara kategori masyarakat umum, kelurahan, komunitas, dan media, menampilkan tema Kerajaan Majapahit. Yakni, kendaraan dengan lambang burung garuda yang kepalanya menghadap lurus ke depan.

Dalam acara ini, total ada 110 pendaftar. Plt Wali Kota Malang Sutiaji mengapresiasi kreativitas warga Kota Malang. Menurut dia, kegiatan tersebut nantinya bakal dilakukan rutin tiap tahun. Namun, tahun depan akan dikonsep lebih khas lagi. Tujuannya agar bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. ”Nanti akan menonjolkan bunga dan budaya nusantara. Jadi, kalau ingin melihat budaya nusantara nggak perlu jauh-jauh, cukup ke Kota Malang pada tanggal ini,” ucapnya.

Selain soal mobil hias, Kota Malang juga punya destinasi wisata baru berbasis heritage lingkungan. Yaitu pohon trembesi, beringin, dan kenari yang umurnya lebih dari 100 tahun. Bahkan, jumlah pohon kenari di Kota Malang lebih banyak daripada daerah lain, yaitu sekitar 1.145 pohon. ”Ini lumayan disukai wisatawan mancanegara (wisman), kami akan memaksimalkan potensi ini,” terang mantan politikus PKB ini.

Sementara itu, Kadisbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni menyatakan, pihaknya siap menjalankan apa yang diinginkan Plt wali Kota Malang tersebut. Karena hal tersebut bisa untuk memaksimalkan kunjungan wisatawan, terutama wisman. Perlu diketahui, jumlah wisman yang berkunjung per bulan Juli mencapai sekitar 15 ribu dan tahun sebelumnya sekitar 5 ribu. Sedangkan untuk wisatawan domestik mencapai sekitar 5–7 juta orang. ”Tahun depan, kami akan menggelar event dengan tema tadi. Mudah-mudahan bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan,” ungkap perempuan asal Bali ini.



 

Pewarta: Imam Nasrodin
Penyunting: Ilham Thoriq
Foto: Bayu Eka Novanta