Akurasi Data Pemilih, KPU Padang Sebar 1.704 PPDP

Akurasi Data Pemilih, KPU Padang Sebar 1.704 PPDP

Pencocokan dan penelitian (Coklit) DP4 yang digelar serentak secara nasional ini, akan dimulai pada tangga 20 Januari 2018 hingga 18 Februari 2018 mendatang.

Ketua Divisi Program dan Data KPU Padang Yusrin Trinanda mengatakan, pola Coklit dilakukan dengan metode sensus (dicacah satu per satu). Lalu, PPDP diminta mensosialisasikan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang pada pemilihan serentak 2018 ke setiap warga yang ditemui.

“Coklit DP4 pemilihan serentak 2018 kita lakukan secara berjenjang. Kita menekankan pada PPDP, wajib menemui setiap warga yang tercantum dalam dokumen itu,” terang Yusrin saat menggelar rapat koordinasi persiapan Coklit serentak dengan PPK se Kota Padang, Kamis (18/1).

Pihak KPU berharap, tingkat partisipasi partai politik dan seluruh elemen masyarakat untuk ikut mengawal proses Coklit ini berjalan sesuai ketentuan. Sehingga, data pemilih akurat sekaligus sosialisasi pemilihan kepala daerah tepat sasaran.

Yusrin menambahkan, data Coklit selama kurang lebih dari satu bulan itu, tidak saja untuk Pilwako Padang. Namun, juga untuk dasar menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 mendatang.



“Mulai dari KPU RI, KPU provisi, KPU kabupaten/kota, panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS) dan PPDP, pada 20 Januari nanti akan mendatangi minimal 5 rumah dalam rangka pelaksanaan gerakan Coklit daftar pemilih di seluruh wilayah Indonesia,” terangnya.


(rcc/JPC)