Akun Instagram BKN Bantah Adakan Tryout CPNS

KOTA MALANG – Sebanyak 17 ribu tweet tentang Try Out CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) berkicau di twitter. Warganet merasa tertipu dengan alun instagram @cpnsindonesia.id yang mengaku mengadakan tryout online massal. Kabar tryout ini pun dibantah Badan Kepegawaian Nasional (BKN) melalui official instagramnya @bkngoidofficial.

Dalam unggahan gambar @bkngoidofficial, admin menuliskan bahwa BKN tidak pernah ada kerjasama untuk menyelenggarakan tryout CPNS. “Badan Kepegawaian Negara (BKN) tidak bekerja sama dengan pihak manapun untuk menyelenggarakan simulasi/tryout CPNS,” tulis admin dalam gambar tersebut.

Lebih lanjut admin juga memperingatkan warganet agar berhati-hati melalui caption gambar tersebut. “#sobatBKN, hati-hati terhadap pihak yang mengaku mengetahui soal CPNS dan menggelar simulasi/tryout dengan bekerjasama dengan BKN. Karena apabila ada simulasi CAT, BKN akan memberikan info resmi melalui websitr dan media sosial resmi,” tulis admin.

Gambar ini pun dikomentari 5.525 warganet. Ada yang percaya ada yang tidak. Sejumlah warganet tetap bersikukuh bahwa tryout itu benar adanya. “Lah kan emang bukan resminya. Lagian juga cuman tryout. Gpp lah apa salahnya,” ujar akun @ayuwidy.
Akun lain seperti @herlinaokto juga masih harap-harap cemas. “Tp klw gak salah mereka jg gak ada bilang embel2 kerjasama dgn BKn loh. Koreksi klw saya salah, tulisnya.

Komentar @herlinaokto juga dibalas oleh belasan netizen salah satunya pun dibalas akun resmi @bkngoidofficial. “@herlinaokto ambil positifnya ya,” balas admin.



Sementara netizen lain mengecam akun @cpnsindonesia.id. “unfoll @cpnsindonesia.id dan laporkan saja bareng2 biar akunnya dihapus pihak instagram,” tulis @anitaalisty. Sedangkan akun @reynalddarmawan berkomentar lebih selow. “Semangat teman-teman! Dijadikan pengalaman aja. Lumayan buat lucu2an di masa tua nanti,” tulisnya.

Sebelumnya, sejumlah netizen sejak pagi merepost gambar Tryout CPNS 2019 online yang digaungkan akun instagram @cpnsindonesia.id. dalam akun tersebut netizen diajak ramai-ramai mendaftar dengan cara merepost gambar di instagram story dan melalui pengisian google form di website www.infocpns.id. kecurigaan netizen akhirnya meluap sebab kode untuk ujian yang diberikan antar pendaftar sama yakni 736WV-7JUY5-H896D.

Namun 7 menit yang lalu akun tersebut mengklarifikasi bahwa tryout benar adanya. “Hari Sabtu kita semua buktikan ya kak, kita emang gak bekerjasama sama bkn atau lembaga apapun. Ditunggu hari Sabtu ya kak, semoga segala macam cacian ke mimin ini terbayar di hari Sabtu nanti, pengerjaan tryout CPNS nya jam 19:00 wib,” tulis admin dalam instagram story.

Wah semakin panas nih. Kira-kira ini beneran penipuan nggak ya?

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah