Aksi Jokowi Gaet Milenial, dari Naik Motor Listrik Sampai Beli Sneaker

Aksi Jokowi Gaet Milenial, dari Naik Motor Listrik Sampai Beli Sneaker

Misalnya saja, kala Jokowi tengah asik blusukan dengan mengendarai motor listrik di Kota Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Kamis (12/4) lalu. Saat itu, Jokowi pun tampak mesra berboncengan dengan Ibu negara, Iriana.

Dalam kegiatan itu, setidaknya mantan Wali Kota Solo itu akan menyambangi tiga daerah yang berbeda. Di antaranya, Gedung Serba Guna Widya Mandala, proyek pembangunan instalasi penampungan air bersih di Kampung Kayeh, dan proyek pembangunan kampung yang masih di tempat yang sama.

Kegiatan Jokowi itu tak pelak menarik perhatian warga setempat yang berada di tempat itu. Bahkan, beberapa warga terlihat kagum melihat pemimpinnya itu rela menggunakan moda transportasi motor listrik yang kerap digunakan masyarakat setempat itu.

Namun, kegiatan blusukan Jokowi dengan mengendarai motor tidak hanya kali itu saja. Setidaknya dalam tahun ini, Jokowi juga pernah melakukan blusukan dengan berkendara roda dua. Kejadian itu terjadi saat dirinya melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Ratu, Suka Bumi, Jawa Barat (8/4) lalu.

Saat itu Jokowi tampak menggunakan motor Chopper kuning kesayangannya yang dibeli dari modifikator lokal. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun tampak diiringi oleh para komunitas bikers dan jajaran kementerian.

Saat melakukan blusukannya, terdapat dua program padat karya tunai yang ditinjau langsung oleh Jokowi, yaitu program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) di Desa Pasir Suren, dan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Desa Citarik, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

Tidak sampai itu, gaya berpakaian Jokowi saat itu juga tampak seperti anak generasi milenial. Bak, anak muda pecinta motor kekinian, Jokowi merombak semua gaya berpakaiannya. Kecuali potongan dan warna rambutnya yang masih sama. Sepatu kulit yang sehari-hari digunakan saat ngantor di Istana merdeka, kini berganti dengan sneaker Vans Metallica special edition berwarna Hitam.

Jeans biru dengan atasan polo shirt putih dibalut jaket jeans yang dicustom dengan sablonan peta indonesia berwarna merah di bagian depan, sementara di bagian lengan dan punggung bertuliskan Indonesia. Setelan khas anak biker itu membuat tampilan mantan wali kota Solo kembali seperti anak muda.

Tak berhenti sampai situ, Jokowi rupanya tahu betul apa yang disukai oleh anak muda. Ayah dari Kaesang Pangarep itu juga kerap melakukan nonton film bioskop nasional dari karya anak bangsa.

Berdasarkan catatan RADAR MALANG ONLINE, setidaknya sudah ada tiga film yang telah disaksikan langsung oleh Jokowi melalui bioskop. Di antaranya, Warkop DKI: Jangkrik Boss Part 1 pada September 2016 lalu, Cek Toko Sebelah Desember 2016 lalu, Dilan 1990 pada 2018.

Kegiatan Jokowi ini pun juga langsung direspons positif oleh para pecinta film nasional Indonesia, khususnya anak muda di penjuru tanah air. Di antaranya menyebut bahwa Jokowi sangat peduli dengan karya perfilman Indonesia.

Terakhir, tak mau kalah dengan generasi milenial, kali ini Jokowi ikut menyambangi acara Jakarta Sneakers Day di pusat perbelanjaan Senayan City pada hari terakhir pelaksanaanya itu.

Di tempat itu, Jokowi meninjau tiga stand. Yakni Vans X Metalica, Nevertoolavish, dan Saintbarkley. Nama terakhir merupakan satu-satunya brand lokal yang ikut andil dalam festival sepatu favorit kawula muda tersebut.

Ketika tiba di stand Saintbarkley, Jokowi kepincut dengan salah satu sepatu sneakers yang dipajang. Tak mau ketinggalan seperti pengunjung lainnya, Jokowi lantas membelinya. Diketahui, produk yang dibeli Jokowi adalah model Coatbridge.

Jokowi berdalih, karakter sepatu yang dibelinya cocok. Selain stylish, model coatbridge juga sederhana. Bak pengunjung lainnya, Jokowi pun mendapatkan diskon alias potongan harga dari pembelian sepatu itu, yakni menjadi 342 ribu rupiah.

Sementara itu, Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Jayabaya Lely Arrianie mengatakan, jika Jokowi hadir dengan berbagai gaya simbolik yang selama di tunjukkan itu, dinilainya merupakan hal yang lumrah. Pasalnya, identitas merakyat telah melekat dalam diri mantan Wali Kota Solo itu.

“Jadi saya katakan boleh kalau dikatakan untuk menggaet generasi milenial ya bisa saja, itu kan biasa biasa saja tapi kalau Jokowi pakai mercy, jaguar, pake moge itu kan di luar personal identitas pak Jokowi,” kata Lely kepada RADAR MALANG ONLINE.

Menurut Lely, cara itu jelas efektif untuk menyampaikan pesan politik kepada pemilih, khususnya generasi milenial bahwa selama ini mantan Gubernur DKI Jakarta tidak berubah.

“Dia tetap bisa tampil merakyat dia bisa tetap tampil seperti biasa dan tak ala borjuis. Bagi kaum milenial mungkin pakai jaket jeans, itu kan permintaan Jokowi, Jokowi minta ada lambang lambang kepulauan Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Politisi PDIP Bambang Wuryanto mengatakan, gaya yang dilakukan oleh kadernya itu dinilai hal yang biasa-biasa saja. Pasalnya, sudah sedari dulu Jokowi memang memiliki identitas yang tidak berjarak dengan rakyat, termasuk dengan generasi milenial.

“Dari dulu kan emang kayak gitu, bisa dekat milenial, petani dan lain lain kan,” kata pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini.

Kedekatan dengan rakyat, kata Bambang, juga ditunjukkan oleh Jokowi dengan menunjukan bahwa dalam blusukan kala mengendarai motor tidak ingin menggunakan protokoler. Kondisi ini lantas memang membuat mantan Gubernur DKI Jakarta itu makin akrab dengan generasi milenial.

“Pak Jokowi tidak berjarak dan dekat dengan rakyat dan tidak ingin menggunakan protokoler,” pungkasnya.


(aim/JPC)