Akses Sulit, Goa Pandawa Sepi

KOTA BATU – Wisata Goa Pandawa  di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, harusnya bisa jadi destinasi alternatif. Ini salah satu tempat wisata yang masih alami. Sayangnya, tanpa didukung akses masuk yang baik, sehingga wisata ini sepi pengunjung. Jalan menuju wisata ini rusak.  Belum diaspal. So, saat musim hujan, pengendara sepeda motor pun dilarang melintas. Saking parahnya. Jadi harus jalan kaki sejauh 1 kilometer. ”Sarana dan prasarana memang tanggung jawab dari pemerintah, sehingga kita berupaya menata dengan baik kebutuhan dari desa wisata,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono.

Dia menjelaskan, belum sempurnanya infrastruktur itu karena jalan tersebut merupakan milik Perhutani. Sehingga perlu ada pembahasan bersama.

”Kita perlu ada pembahasan dengan Perhutani. Jika sudah ada kesepakatan, jadi kita bisa bergerak melakukan perbaikan,” imbuhnya.

Ke depan, dia yakin wisata Goa Pandawa ini dapat mendatangkan wisatawan yang cukup banyak. Melihat lokasi ini bersebelahan dengan wanawisata Paralayang Gunung Banyak. Sehingga wisata yang disuguhkan itu tidak jauh beda. Lalu juga terdapat beberapa spot swafoto yang cukup menarik dengan latar belakang Kota Batu dan pemandangan Gunung Panderman.

Pewarta : Miftahul Huda
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Abdul Muntholib
Fotografer : Rubianto