Akhirnya Muncul, Begini Kata Bupati Nduga Buat KBB Papua

JawaPos.com – Bupati Nduga Yarius Gwijangge akhirnya muncul ke publik. Dia angkat suara mengenai pembunuhan belasan pekerja yang terjadi di wilayahnya, Distrik Yigi. 

“Saya sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada keluarga yang anak-anaknya dibantai di sana dan sudah (jadi) korban,” kata dia kepada wartawan, Selasa (1/12).

Dia pun menyesali tindakan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) yang sudah melakukan pembantaian terhadap pekerja di Distrik Yigi itu. “Tahun ini (2018) tahun sial. Tahun ini cukup tahun mengerikan kita. Hal ini kami tidak merencanakan harus terjadi tapi ini terjadi,” sebut Yarius.



Dia juga mengutuk perbuatan kelompok separatis itu. “Mereka yang sudah lakukan pembunuhan terhadap anak Tuhan yang tidak berdosa ini terkutuk lah mereka. Ini cara yang sangat biadab. Yang sangat bukan manusiawi,” tegas Yarius.

“Saya menyampaikan permohonan maaf. Mereka sudah salah,” tambahnya.

Dia berharap agar kejadian ini tidak terulang lagi. Yarius meminta agar lebih baik masyarakat Papua khususnya Kabupaten Nduga berpikir untuk hidup. Kekompakan dan kebersamaan harus dijaga.

“Saling tuduh menuduh, membunuh, mempersalahkan satu sama lain kurang bagus. Mudah-mudahan 2019 tidak terjadi lagi,” harapnya.

Sementara itu dia menuturkan bahwa masyarakat Nduga, khususnya Distrik Yigi, sama sekali tidak menolak adanya pembangunan di sana. Bahkan Yarius mengklaim masyarakatnya menanti pembangunan tersebut.

Karena itu, dia berharap agar pembangunan di wilayahnya tetap berlanjut. “Pembangunan silakan jalan, penanganan mulai dari TNI-Polri sambil jaga dan jamin keamanan, kami mendukung,” pungkas Yarius.

(dna/JPC)