Ajak Terapkan Pola Hidup Gizi Seimbang Sejak Dini

Dalam talkshow bertajuk “Sehat Beurata Lalu Pola Hidup Gizi Seimbang”, di SDN 54 Peurada Banda Aceh, Sabtu (4/11), Maria Harfanti menekankan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat bagi masyarakat Banda Aceh. Kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat perlu dilakukan sejak usia muda, terutama bagi para remaja putri.

”Mereka ‘kunci’ bagi bangsa karena akan menjadi seorang ibu, kemudian hamil, dan menyusui anak-anaknya. Jika sejak remaja tidak mendapat asupan gizi yang seimbang, bisa berdampak pada kesehatan calon anak-anaknya di masa depan,” ujarnya.

Selain itu, di hadapan 84 siswi kelas 4 dan 5 SDN 54 Peurada Banda Aceh, Maria juga ikut mensosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). PHBS ini akan menjadi kebiasaan yang positif dan berkelanjutan jika diterapkan sejak dini. Sosialisasi yang dilakukan Maria Harfanti berlangsung cukup interaktif, sehingga para siswi antusias bertanya dan mendengarkan penjelasan Duta Gizi Foundation.

Selain Maria, JAPFA Foundation juga menggandeng 2 pembicara, yakni Alfridsyah dan Rosi Novita. Turut hadir pada acara itu Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Syaridin dan Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh, Warqah Helmi.



Head of JAPFA Foundation Andi Prasetyo, mengatakan kampanye PHBS di sekolah akan berhasil kalau didukung dengan lingkungan masyarakat yang juga sehat dan bersih. Diantaranya, melalui penerapan pola gizi seimbang masyarakat di lingkungan tersebut.

”Keadaan gizi yang baik dapat mempengaruhi kesehatan, kecerdasan, dan produktivitas pada seluruh kelompok umur. Salah satu yang mempengaruhi keadaan gizi adalah perilaku pola makan karena kuantitas dan kualitas makanan dan minuman yang dikonsumsi akan mempengaruhi tingkat kesehatan individu dan masyarakat,” ujarnya.


(*/dio)

Source link

Source link