MI Darul Ulum Ajak Siswa Belajar Rukyatul Hilal

KOTA BATU – Siswa kelas V dan VI MI Darul Ulum, Kota Batu, ini tampak lebih antusias kemarin (31/5). Jika biasanya mereka banyak duduk di dalam kelas untuk mengikuti pelajaran, kali ini ada pelajaran di luar kelas. Sekitar 90-an siswa tersebut belajar tentang rukyatul hilal atau melihat bulan dengan teropong dan kamera digital.

Kepala MI Darul Ulul Azmi menyatakan, kegiatan tersebut sebagai pengenalan dini bagi pada para siswa.

”Bahwa langit ini sangatlah luas, jika hanya pelajaran tentang tata surya, planet, dan lain-lainnya mungkin mereka juga sudah bosan,” kata dia.

Karena itu, Azmi melanjutkan, dibuat kegiatan yang sedikit berbeda. Apalagi saat ini pas bulan Ramadan sehingga dibuat acara rukyatul hilal.

”Di kelas kan ada pelajaran fikih juga, tapi kali ini kami ajak anak-anak praktik langsung,” kata dia.



Kegiatan ini ternyata sangat menarik minat para siswa. Mereka rela berpanas-panasan di lapangan belakang sekolah untuk bergantian mengintip bulan dari teropong. Meski para siswa sempat kesulitan, tapi mereka cukup senang.

”Kalau kegiatan yang sebenarnya memang sore hari, tapi karena Kota Batu tidak punya ufuk, jadi tidak bisa,” kata Azmi.

Kalau mau rukyatul hilal, dia melanjutkan, harus di tempat yang punya ufuk, seperti di Pantai Kondang Merak, Kabupaten Malang. ”Tapi tidak apa-apa, karena ini hanya pengenalan saja bagi siswa. Agar mereka tahu,” lanjut Azmi.

Selain rukyatul hilal, para siswa juga diajak menggunakan alat rubu’ mujayyab atau alat tradisional berbentuk seperempat busur lingkaran. ”Rubu’ mujayyab ini ditemukan ilmuwan muslim sejak ribuan tahun lalu,” kata Azmi.

Lewat rukyatul hilal, para siswa akan mengetahui tentang penanggalan bulan, kapan masuk Syawal, dan lain-lainnya. Para siswa juga bisa mengetahui posisi arah kiblat dengan benar, juga tahu waktu salat, dan posisi matahari.

”Kami harap, para siswa akan tahu dan bersemangat lagi dalam belajar keilmuan agama maupun science,” tukas Azmi.

Pewarta : Aris Dwi
Penyunting : Ahmad Yani
Copy Editor : Dwi Lindawati
Foto : Rubianto