Ajak Anak Lewati Tahun Ajaran Baru dengan 5 Langkah Menyenangkan

JawaPos.com – Kembali ke sekolah atau baru kali pertama bersekolah adalah momen penting bukan hanya bagi anak tetapi bagi para orang tua. Apalagi jika buah hatinya baru kali pertama sekolah di Taman Kanak-Kanak atau masuk Sekolah Dasar (SD). Menjadi pengalaman yang sibuk untuk mempersiapkan segala sesuatunya di hari pertama sekolah.

Bagi anak, bersekolah memiliki rasa kegembiraan, kesenangan, namun ada sedikit kecemasan. Apalagi bagi mereka yang baru mulai bersekolah di TK dan SD. Beberapa anak menerima dan menikmati perubahan tetapi tidak jarang anak-anak membutuhkan perhatian ekstra selama hari-hari dan minggu-minggu pertama sekolah.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat dipersiapkan orang tua untuk menuju awal tahun ajaran baru sekolah seperti dilansir dari Scholastic, Senin (15/7). Tak hanya bunda, akan tetapi ayah sebaiknya juga mendampingi anak-anaknya.

1. Kunjungi Sekolah atau Ruang Kelas Pada Hari Pertama

Beberapa guru mengundang keluarga untuk berkunjung terlebih dahulu. Jika tidak, lakukan perjalanan ke sekolah untuk melihat bangunan sekolah. Atau jika memungkinkan berkenalan dengan wali kelas.

Ilustrasi anak SD memasuki tahun ajaran baru. Temani anak saat pertama kali masuk untuk melihat kondisi sekolah. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

2. Dapatkan Banyak Informasi

Banyak membaca atau mencari informasi adalah cara yang bagus untuk mempersiapkan hari pertama anak bersekolah. Sehingga ibu atau ayah tidak panik.

3. Bicara dengan Anak

Bicaralah dengan anak tentang perasaannya tentang sekolah, teman, guru, dan kegiatan baru.

4. Latih Kemandirian

Latih keterampilan mandiri pada anak ketika sudah mulai bersekolah. Seperti berpakaian memakai seragam, membuka baju usai pulang sekolah, memakai sepatu sendiri, dan lainnya. Anak akan merasa lebih percaya diri ketika diminta melakukan hal-hal ini.

5. Rekam Momen

Buat album keluarga. Tahun ajaran baru menjadi momen berharga. Abadikan momen dalam sebuah foto atau video. Proses pembuatan album foto bersama adalah sesuatu yang menghibur. Sehingga akan mengingatkan anak selama proses pertumbuhannya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani