Air Surut, Jumlah Korban Naik

JawaPos.com – Jepang berkabung. Jumlah korban jiwa badai Hagibis terus merangkak naik. Hingga Senin (14/10), NHK melaporkan sudah 56 orang tewas dan 15 lainnya masih hilang. Jenazah ditemukan di dalam mobil dan rumah-rumah yang kebanjiran. Jumlah itu masih bisa bertambah. Sebab, pencarian masih berlangsung.

“Bahkan, saat ini masih banyak penduduk yang belum terdata di area yang terdampak bencana,” ujar Perdana Menteri Shinzo Abe seperti dikutip Agence France-Presse.

Abe menegaskan bahwa tim penyelamat berusaha sebaik-baiknya serta bekerja siang malam untuk mencari dan menyelamatkan penduduk. Pernyataan itu bukan isapan jempol. Mereka memang bekerja hingga malam. Namun, di beberapa lokasi, pencarian terpaksa dihentikan karena hujan deras kembali turun. Hujan membuat ancaman banjir dan longsor kembali meningkat.

“Saya minta penduduk tetap waspada sepenuhnya dan mengawasi (kemungkinan) longsor serta sungai meluap,” tegas Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga. Total lebih dari 110 ribu orang tergabung dalam tim penyelamatan. Termasuk 31 ribu tentara aktif dan tambahan 1.000 tentara cadangan.