Air Laut Diperkirakan Pasang di Atas 1 Meter

JawaPos.com – Fenomena supermoon alias bulan terlihat bundar penuh akan terjadi Senin (21/1) malam. Fenomena ini berdampak pada pasang air laut.

Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak Surabaya Ady Hermanto menjelaskan, air laut diperkirakan pasang dengan ketinggian lebih dari 1 meter. Tepatnya antara 130-150 sentimeter. “Terjadi pada malam hari nanti. Antara pukul 22.00 WIB hingga 24.00 WIB,” kata Ady kepada JawaPos.com.

Wilayah yang terdampak pasang air laut berada di pesisir Utara Jawa Timur (Jatim). Sementara gelombang laut yang perlu diwaspadai di wilayah Laut Jawa, perairan Masalembu, perairan Bawean dan perairan Utara Jatim. “Perairan Kangean, Selatan Jatim, serta Samudera Hindia selatan Jatim. Ketinggian gelombang mencapai 3,5 meter,” imbuhnya.

Senin malam merupakan saat pasang maksimum di sebagian perairan Jatim. Hal ini disebabkan supermoon. “Kondisi saat posisi bulan jaraknya terdekat dengan bumi,” tegasnya.



Sementara itu, salah satu nelayan di Pantai Sendangbiru, Kabupaten Malang, Darsono mengaku sudah seminggu tidak melaut. Hal ini karena cuaca yang tidak menentu. “Angin tinggi. Jadi tidak ada yang berani melaut. Musim ini kami sebut musim Barat. Biasanya berlangsung hingga bulan dua (Februari),” tuturnya.

Editor           : Sofyan Cahyono

Reporter      : Dian Ayu Antika Hapsari