Aher Optimis Pilkada Jabar Aman, Tertib dan Kondusif

Dirinya optimis, pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di Jabar berlangsung aman, tertib dan kondusif.

“Kita sudah berkali-kali melaksanakan Pilkada, faktanya selalu aman. InsyaAllah akan saling hormat-menghormati dengan sasanti Silih Asah, Silih Asuh, Silih Asih,” ujarnya usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Lodaya 2018 di Bandung, Jumat (5/1/18) pagi.

Berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, Pilkada di Jabar, imbuhnya selalu berjalan dengan aman.

Sementara itu, Kapolda Irjen Pol. Agung Budi Maryoto selaku Pembina Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Lodaya 2018 menyatakan kesiapannya dalam mengamankan Pikada. “Yang paling penting di sini adalah terkait dengan anggaran berbasis kinerja. Seluruh kebutuhan Pilkada Provinsi sudah dipenuhi semua oleh Bapak Gubernur (Jabar),” ujarnya, Jumat (5/1).



Guna mengamankan Pilkada nanti, pihaknya menerjunkan 21.348 personel. Adapun gelar pasukan dimaksudkan untuk mengecek kesiapan personel, serta sarana dan prasarana pengamanan. Sekitar 2.700 personel TNI atau 27 SSK setingkat kompi ikut terlibat dalam pengamana Pilkada Serentak 2018 di Jabar.

Para personel TNI, tersebut nantinya akan membantu pengamanan terutama pada saat penyelenggaraan inti Pilkada, yaitu tahapan pemungutan suara di sekitar 60 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Jabar.

“Kita nanti akan tempatkan satu kompi Brimob dan satu kompi personel TNI pada tempat yang berpotensi terjadi gangguan keamanan,” pungkasnya.


(ona/JPC)