Agustusan Masih Jauh, Persewaan Kostum Karnaval Sudah Banjir Pesanan

PAKISAJI – Kegiatan karnaval identik dilakukan saat Bulan Agustus saat perayaan kemerdekaan RI. Kendati masih Juli, namun persewaan kostum karnaval mulai dibanjiri peminat.

Kondisi ini terlihat di Pupuk Bawang Project. Selain menerima permintaan sewa kostum, mereka juga menerim permintaan pembuatan kostum baru.
“Masih Juli tapi sudah banyak yang pesan, sampai full gallery disini untuk pesenan buat baru, sampai yang sewa kostum yang sudah ada juga ada, soalnya tema yang kita pakai memang jarang ada di tempat lain,” jelas salah satu Pengelola Pupuk Bawang Project Area Pakisaji, Alby Divany.

Ia menambahkan, dari 100 kostum koleksinya, 90 persen telah dipesan oleh customer. Saat ini, kostum samurai dan dayak menjadi tema yang paling laris disewa maupun dipesan.

“Soalnya dayak yang kita pakai juga dayak modern,” tandas wanita yang mengelola cabang dari Pupuk Bawang Project yang pusatnya berasal dari Gondanglegi ini

Untuk harga sewa, menurutnya bervariasi menyesuaikan kostum. “Kalau sewa harga sewanya menyesuaikan tingkat kesulitan pembuatan kostum, harganya mulai Rp 80 ribu sampai Rp 350 ri u untuk kostum-kostum biasa,” tandasnya.

Untuk kostum karnaval yang memang hanya dibuat khusus hanya berjumlah satu ataupun pesanan harganya mencapai Rp 600 ribu hingga Rp 900 ribu per kostum.

Kostum mereka bisa disewa secara satuan maupun borongan, tergantung permintaan penyewa.

Pebisnis persewaan kostum lain, Muchammad Zahrul Hermawan, yang berasal dari Jalan Karang Duren RT 03 RW 02, Pakisaji menyatakan hal yang sama, para penyewa bahkan sudah booking jauh-jauh hari agar kebagian.

“Borongan biasanya di saya, langsung menyewa 115 kostum, kalau kurang saya bisa nambah cari ke tempat lain, terkakhir disewa ke Bangil, Pasuruan,” tandasnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Dokumentasi Pribadi
Penyunting: Fia