Lawatan di Jatim, Agus Harimurti Yudhoyono Sambangi Kota Batu

Agus Harimurti Yudhoyono, sambangi kota Batu pada lawatannya ke Jatim.

Agus Harimurti Yudhoyono saat bersama para difabel Kota Batu, Selasa (3/4) malam
(moh mukit/jawapos.com)

RADAR MALANG ONLINE – Kegiatan ‘Sambang Jatim’ Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terus berlanjut. Kali ini, AHY mengunjungi Kota Batu, untuk menyapa masyarakat berbagai komunitas pemuda termasuk komunitas Shining Tuli (tuna rungu).

Dalam kesempatan itu, putra pertama Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyinggung pentingnya peran aktif pemerintah kepada pera penyandang disabilitas. Bagi AHY, kebutuhan mendasar kaum difabel yakni fasilitas publik yang ramah.

“Tentunya akses beruapa fasilitas publik yang benar-benar ramah pada kaum difabel. Ini penting, karena inilah yang mereka butuhkan. Selebihnya mereka juga punya semangat untuk bisa survive tidak hanya dalam kehidupan tetapi juga dalam berkarya,” kata AHY, Rabu, (3/4) malam.

Selain itu, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah juga perlu bersinergi untuk memberikan layanan pendidikan yang baik serta lapangan pekerjaan. Sehingga, para penyandang difabel ini bisa berkarya dan mandiri dalam kehidupannya.



“Harus ada perhatian, dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah agar meyakinkan bahwa saudara-saudara kita tersebut mendapatkan peluang-peluang untuk bekerja, peluang-peluang untuk berusaha. Mendapatkan penghasilan yang baik, mendapatkan pendidikan yang berkualitas, pelayanan kesehatan yang juga baik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, AHY juga mengajak para generasi milenial untuk peduli serta turut memikirkan hak para penyandang disabilitas khususnya agar memperoleh kesempatan dan perhatian yang setara.

“Mereka perlu kita apresiasi, perlu kita dukung. Dan ini adalah sebuah gerakan moral yang harus dilakukan teruutama generasi muda. Mereka adalah saudara kita yanh juga perlu mendapatkan haknya, dengan memberi dukungan dan semangat yang baik termasuk kesetaraan,” pungkasnya.

Sementara itu, sekretaris DPD Demokrat Jatim yang juga sekretaris tim pemenangan Khofifah-Emil, Renville Antonio menambahkan, pernyataan AHY tersebut sudah seiring dengan program Nawa Bhakti Satya yang digagas oleh paslon nomor urut satu itu. Ia juga menegaskan. Menurut Renville, kaum difabel berhak mendapatkan perhatian dan pelayanan yang baik.

“Ibu Khoffiah sama mas Emil memiliki komitmen untuk memperhatikan kaum difabel. Kita tahu, ibu Khofifah pernah menjadi Menteri Sosial (Mensos). Dalam Nawa Bhakti Satya juga sudah dicantumkan dalam Jatim Berkah,” sambungnya.


(mkd/JPC)