Ada Tanda Putih di Kuku Bahaya Untuk Kesehatan, Mitos Atau Fakta?

JawaPos.com – Pernahkah melihat ada tanda atau warna garis putih kecil di kuku? Ternyata itu ada kaitannya dengan kesehatan lho. Sehingga sebaiknya jangan disepelekan.

Menurut Nutrition Expert YOUVIT Gummy Vitamin, Rachel Olsen, tanda putih di kuku merupakan fakta bahwa tubuh kekurangan mineral bernama zinc. Hal itu jangan disepelekan karena akan berdampak pada kesehatan. Rachel menambahkan tanda putih pada kuku bisa muncul beberapa bercak tergantung seberapa parah darah Anda kekurangan zinc.

“Kadang ada putih-putih di kuku, itu benar, tubuh kekurangan zinc. Bukan mitos ya. Atau pernah lihat enggak, ada kuku yang bengkok. Kakek saya dulu begitu. Dan itu kekurangan zinc,” kata Rachel baru-baru ini dalam konferensi pers di Jakarta.

Menurutnya jika tubuh kekurangan zinc bisa membuat seseorang pusing atau kelelahan. Hilangnya tanda putih di kuku juga tergantung sebetapa lama kebutuhan zinc terpenuhi.

Tanda putih pada kuku menunjukkan kekurangan zinc. (Pinterest)



“Bisa 1-2 bulan atau lebih cepat. Tergantung seberapa parah kekurangan zinc atau seberapa cepat sudah terpenuhi kebutuhan zinc pada tubuh. Zinc bisa diperoleh dari gandum utuh atau oatmeal dan nasi merah,” jelas Rachel.

Dilansir dari Medical News Today, Kamis (27/6), penyakit sistemik juga dapat menyebabkan kuku putih. Penyakit yang dapat menyebabkan kuku putih termasuk anemia defisiensi besi, yakni kurangnya zat besi dalam sirosis pengikat tubuh. Bisa juga masalah dengan pencernaan protein. Hingga penyakit karena jamur atau infeksi.

Bahkan, kekurangan Zinc atau seng jika kurang dalam tubuh dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit. Zinc bertanggung jawab atas sejumlah fungsi dalam tubuh manusia, dan membantu merangsang aktivitas setidaknya 100 enzim yang berbeda.

Unsur ini secara alami ditemukan dalam banyak makanan yang berbeda, tetapi juga tersedia sebagai suplemen makanan. Kekurangan zinc pada anak-anak dapat menyebabkan hambatan pertumbuhan dan peningkatan risiko infeksi. Selama kehamilan dan menyusui, perempuan mungkin membutuhkan seng tambahan.

Untuk itu, zinc sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, sintesis DNA yang benar, meningkatkan pertumbuhan yang sehat selama masa kanak-kanak, dan menyembuhkan luka.

Zinc sangat penting untuk pertumbuhan kuku, kesehatan organ dalam, dan menambah energi,” papar Rachel.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani