Ada Tambahan Rp 1.500 untuk Kendaaraan yang Lewat Gerbang Tol Pandaan

KOTA MALANG – Tarif berbayar Tol Malang-Pandaan (Mapan) bakal berlaku 9 Agustus 2019 mendatang. Hal itu diketahui dari Surat Kementerian Perumahan dan Permukiman (KemenPUPR) nomor 713/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran tarif tol, Jumat (2/8).

Biaya dan setiap golongan kendaraan telah terpampang dalam daftar yang dirilis oleh KemenPUPR tersebut. Namun, sebagai tamabahan, Direktur Teknik PT Jasa Marga Tol Pandaan Malang, Siswantono mengatakan, ada penambahan tarif jalan sebesar Rp 1.500 bagi kendaraan yang melewati entah itu masuk atau keluar dari exit tol Pandaan.

“Ada tambahan ya bagi kendearaan yang melewati tol Pandaan yakni Rp 1.500,” ujar Siswantono kepada radarmalang.id.

Selanjutnya, Siswantono menjelaskan, dikenakannya biaya tambahan tersebut dikarenakan awal hitung biayanya bukan tepat pada gerbang tol Pandaan, namun 1,5 km lebih jauh yang bersinggungan dengan Tol Pandaan-Gempol. “Itu proyek kita sampai sana jadi untuk yang lewat itu titik 0-nya bukan dari gerbang tol tapi 1,5 km lebih jauh,” tuturnya.

Sementara itu, imbuhnya, bagi kendaraan yang masuk atau keluar lewat gerbang di Singosari, Lawang, atau Purwodadi tarif tambahan tersebut tidak akan diterapkan. Perlu diketahui, tarif untuk melewati tol Mapan setiap kilometernya akan dikenai biaya Rp 898.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Kholid Amrullah