Ada Melasti, Beberapa Ruas Jalan di Legian Ditutup Kamis Besok

Ada Melasti, Beberapa Ruas Jalan di Legian Ditutup Kamis Besok

“Kami terima informasi dari Bhabinkamtibmas bahwa acara akan dimulai pada pukul 11.00 wita. Sehingga selang 1 jam sebelum itu kami sudah siapkan 6 orang personel untuk membantu pengamanan dan kelancaran. Dan ada tambahan 2 peraonel dari Sabara,” terang Kanit Lantas Polsek Kuta AKP Rusiah saat dihubungi Bali Express (Jawa Pos Group) Rabu (24/1) siang.

Pihaknya menyampaikan bahwa nantinya sejumlah perasonel tersebut akan diterjunkan di beberapa titik di antaranya di pinggir Jalan Pantai Kuta, di Lebak Bene, di Jalan Werkudara dan di TL Melasti. “Nanti sistemnya tambal sulam. Pas lewat di sini kira – kira terganggu setelah dilintasi personel akan loncat lagi ke posisi lain,” terangnya.

Pada prosesi upacara adat tersebut pihaknya menyampaikan bahwa nantinya akan ada penutupan jalan meskipun sebentar. Terutama saat jam keberangkatan upacara sewaktu akan dimulai. Terutama di tikungan menuju area pantai Kuta tepatnya di tikungan dekat Hotel Pullman ke utara. Setelah masuk ke area Jalan Padma nantinya akan dilepas lagi. Sehingga penutupan tidak berlangsung lama.

“Kami akan bantu saat bergerak sama kembalinya karena melewati Melasti. Lawan arus sebagian itu. Baru masuk Padma nantinya,” jelasnya.

Namun begitu disampaikannya bahwa butuh beberapa waktu agar lalu lintas bisa normal kembali usai para masyarakat adat masuk ke area pantai. Yaitu selang beberapa menit setelah dilakukan penutupan. Sementara usai upacara Melasti, pihaknya tidak terlalu mengkhawatirkan adanya kemacetan di beberapa ruas jalan lantaran masyarakat adat memiliki jalan kembali masing – masing yang harus dilalui.

“Kami berharap pada jam – jam tersebut bisa cari alternatif lain. Terutama yang akan masuk Pantai Kuta atau yang akan keluar dari pantai. Mungkin bisa istirahat di pantai sebentar untuk membantu mengurangi kemacetan,” terangnya.

Sekembalinya dari pantai, akan ada prosesi lanjutan yang digelar di Depan LPD Legian. Untuk itu arus lalu lintas dari utara LPD Laegian akan dialihkan sementara. Dan setelah itu akan kembali ke Jalan Patih Jelantik.

Beberapa ruas jalan yang akan di-standbye-kan personel di antaranya di Simpang Patih Jelantik dan Jalan Majapahit, Jalan Sriwijaya, TL Melasti, Simpang Padma, Simpang Utara LPD Legian, Jalan Lebak Bene, Jalan Sahadewa, di depan Pullman dan di Double Six (Camplung Tanduk). 

(bx/afi/yes/JPR)