Acer Nitro 5 Feat AMD Ryzen Mobile: Seksi, Harga Tak Mahal tapi Gahar

JawaPos.com – Acer Nitro 5 merupakan laptop yang menyasar market casual gaming dengan desain gahar khas Acer, yakni Predator. Acer Nitro 5 datang ke Indonesia sekitar awal 2018. Catatan kami, saat itu Acer Nitro 5 untuk pasar Indonesia menyerahkan urusan performanya ke produsen chipset Intel.

Namun, kala Acer melakukan penyegaran produk yang diperkenalkan pada awal Oktober lalu, Acer mengubah haluan. Perangkatnya dipercayakan pada AMD. Ya, Acer Nitro 5 datang dengan prosesor tertinggi AMD, yakni Ryzen 7 yang dipasangkan dengan Radeon RX 560X.

Pada artikel kali ini, JawaPos.com akan mengulas soal bagaimana dan mengapa Acer Nitro 5 feat AMD Ryzen Mobile wajib masuk daftar laptop gaming entry level yang ingin kamu beli.

Oh iya, sebelum melangkah lebih jauh ke dalam ulasan. Produk yang kami uji adalah Acer Nitro 5 AMD Ryzen 7 dan pengolah grafis Radeon RX 560X. Untuk nomor serinya adalah AN515-42. Acer Nitro 5 feat AMD Ryzen Mobile ini diklaim oleh Acer sangat gahar dan andal untuk urusan gaming walaupun cuma laptop gaming casual.

Bahkan, Acer dan AMD, keduanya sama-sama mengklaim soal performa laptop ini yang konon sejajar dengan Acer Predator Helios 500. Selain performa, penyuka upgrade juga dijanjikan kegembiraan bersama perangkat ini. Benarkah demikian? mari kita mulai ulasannya.

Desain Acer Nitro 5 (AN515-42). (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Desain

Dari sisi desain, Acer Nitro 5 (AN515-42) hadir dengan tampilan khas laptop gaming kebanyakan. Desain Acer Nitro 5 (AN515-42) mengekor pada sang Predator dengan kesan gahar. Bodi gemuk dengan lekukan-lekukan tegasnya.

Meski tampak bulky, bagi kami desainnya masih terbilang trendi dengan material yang kokoh. Aksen warna hitam pekat dan merah menyala yang mendominasi perangkat ini menambah kesan garang.

Dengan ketebalan sekitar 3,2 cm dan bobotnya hanya 2,7 Kg tergolong masih normal untuk ukuran laptop gaming. Ya, normal. Sebab, ada yang berkali-kali lebih berat dari perangkat ini. Meskipun normal, untuk aspek mobilitas bobot segitu tetap tidak ringan.

Acer Nitro 5, Laptop Acer Nitro 5, Acer Nitro 5 review
Desain sisi kanan Acer Nitro 5 (AN515-42). (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dengan harga jual Rp 14 jutaan, laptop gaming entry level ini terkesan bak flagship dari sisi desain. Kendati material plastik pada bagian luar kental terasa, namun Acer cerdas. Material plastiknya diakali dengan pola-pola khas material karbon mirip interior mobil sport ultramewah.

Sentuhan karbon pada perangkat ini kental terasa. Jika laptop tertutup, material ala karbon langsung tampil di bagian atas atau depan laptop ini yang dihiasi logo Predator unik dengan sentuhan chrome.

Masuk ke bagian dalam, material karbon masih terasa di seluruh area keyboard. Bedanya, area keyboard dan sapu jari di sekitar trackpad dibuat halus. Sangat nyaman terjadi interaksi kulit dan material laptop.

Pada bagian dalam laptop, terdapat layar dengan bentang 15,6 inci. Di bawahnya terdapat wilayah papan ketik atau keyboard yang dilengkapi pula dengan tuts angka alias numeric pad (Numpad). Untuk area keyboard, Acer menyokong kenyaman pengguna dengan backlight keyboard berwarna merah terang.

Acer Nitro 5, Laptop Acer Nitro 5, Acer Nitro 5 review
Desain sisi kiri Acer Nitro 5 (AN515-42). (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Selain itu, untuk mempertegas kesan laptop gaming, pada tuts W, A, S, D juga diberikan highlight berupa garis merah tegas. Opini kami, aksen spesial pada tuts tersebut berfungsi untuk memudahkan pengguna kala bermain game. Seperti diketahui, empat tuts itu umum digunakan sebagai navigasi dalam beberapa game.

Kendati memiliki fitur keyboard backlight, sayangnya Acer tidak membekali lampu khusus di beberapa tuts penting, seperti tombol capslock dan numlock. Hal itu rentan membuat bingung. Sebagai gantinya, Capslock dan Numlock kala diaktifkan akan muncul pemberitahuan virtual pada layar. Pada bagian lain laptop pun demikian, hanya ditemukan lampu indikator baterai saja. Selain itu, tidak ada.

Untuk menyangga layarnya, ada engsel yang diukir tulisan ‘Nitro 5’ pada bagian tengah antara layar dan keyboard sebagai identitas. Engselnya tampak kokoh, kuat dengan material metal untuk menyangga area layar yang tidak ringan.

Sementara untuk port connector, Acer Nitro 5 (AN515-42) terbilang cukup lengkap. Yakni, satu Combo Audio Jack, satu Type-C USB 3.0 (USB3.1 GEN1), satu Type-A USB 3.0 (USB3.1 GEN1), dua USB 2.0, satu RJ45 LAN Jack for LAN, satu HDMI, Support HDMI 1.4, dan satu slot Card Reader.

Acer Nitro 5, Laptop Acer Nitro 5, Acer Nitro 5 review
Desain bawah Acer Nitro 5 (AN515-42). (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Berbalik ke bagian bawah, laptop ini memiliki keunggulan dengan adanya door compartment yang mudah untuk diakses. Pintu-pintu tersebut menguntungkan pengguna karena bisa dengan mudah masuk pada bagian penyimpanan harddisk dan RAM.

Jadi, bilamana ingin memperbaiki atau meng-upgrade harddisk dan RAM, tidak perlu membuka seluruh bagian bawah laptop. Cukup di bagian door compartment saja. Masih pada bagian belakang, lubang-lubang yang bertindak sebagai ventilator juga terbilang lega.

Kisi-kisi angin begitu terlihat dan tembus pandang ke bagian pipa pendinginan. Belum cukup, area sirkulasi juga tembus ke bagian bawah area keyboard. Sekilas mirip dengan knalpot Lamborghini dengan fungsi yang sama, yakni tempat membuang hawa panas. Ini menjadi penting karena laptop gaming memang umum memiliki suhu yang tinggi kala diajak ‘bertempur’.

Acer Nitro 5, Laptop Acer Nitro 5, Acer Nitro 5 review
Keyboard Acer Nitro 5 (AN515-42) (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Beralih ke sektor keyboard, Acer Nitro 5 (AN515-42) menurut kami tampil dengan jarak antartuts yang terbilang sempit. Peletakan antartuts dibuat rapat. Mungkin ini dimaksudkan agar area keyboard menjadi lebih lega. Namun begitu, kendati tidak mengusung material keyboard mekanikal seperti laptop gaming pada umumnya, pengalaman mengetik menggunakan laptop ini cukup baik.

Mengulang kebiasaan lama, Acer meletakkan tombol powernya di bagian pojok kanan atas area numpad. Hati-hati, jika salah kamu akan mematikan laptop ini saat bekerja. Alih-alih menekan simbol ‘*’, simbol ‘-‘, atau angka 9, kamu malah menekan tombol power. Kebiasaan lama yang menurut JawaPos.com cukup merepotkan. Sebab benar-benar harus hati-hati saat menggunakannya jika tidak ingin laptop mati mendadak saat sedang seru-serunya bermain game.

Beralih ke trackpad, ada area luas yang diletakkan agak ke kiri. Tidak center, namun ini membantu bagi kamu yang butuh area luas sisi kanan untuk leluasa menggunakan trackpad. Bagian klik kiri dan klik kanannya dibuat menyatu dengan panel kapasitif trackpad. Ini sedikit disembunyikan untuk mengejar desain simple di trackpad.

Acer Nitro 5, Laptop Acer Nitro 5, Acer Nitro 5 review
Tampilan Depan Acer Nitro 5 (AN515-42). (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Multimedia

Beralih ke bagian lain dari laptop ini, yakni sektor multimedia. Acer Nitro 5 (AN515-42) seperti sempat disinggung di atas, memiliki bentang layar seluas 15,6 inci. Laptop ini memiliki kapabilitas untuk bermain game, resolusi yang dimilikinya adalah FHD. Didukung panel layar LED IPS 15.6 inci (16:9) LED backlit HD (FHD 1.920×1.080p) 60Hz, laptop ini cukup bisa diandalkan untuk membesut games berat. Tak lupa, di bagian atas layar tersemat webcam beresolusi HD untuk kebutuhan video conference atau sekadar bersenang-senang.

Untuk kenyamanan audio, Acer Nitro 5 (AN515-42) masih menawarkan teknologi Acer TrueHarmony dengan dukungan Dolby Audio Premium yang menjanjikan kualitas suara jernih. Terlebih bagi para gamers, pekerja kreatif atau sekadar penyuka musik.

Laptop ini boleh dibilang cukup nyaman untuk kualitas suara yang dihasilkan dari speaker-nya. Karakternya juga bisa disesuaikan pengguna dengan teknologi Dolby. Mau suara games, musik, dan opsi suara lainnya bisa disesuaikan software Dolby yang sudah tertanam.

Seperti seri perangkat menengah Acer terdahulu, Acer juga meletakkan speaker perangkat Nitro 5 ini pada tempat yang sama. Yakni, di bagian depan tepat berada di bawah tangan pengguna saat melakukan pengetikan. Suara yang dihasilkan cukup mumpuni dengan karakter bass dan treeble imbang.

Menggunakan Acer Nitro 5 (AN515-42) untuk bekerja sambil mendengarkan musik atau bermain game sebagaimana peruntukan laptop ini cukup mengasyikan. Asalkan kamu tidak meletakan laptop ini di permukaan yang membuat lubang speaker menjadi tertutup semisal bantal, selimut, dan benda serupa lainnya, suaranya boleh diacungi jempol. Games dengan efek suara wah bisa kamu dengar dengan baik di perangkat ini.

Performa

Masuk ke aspek yang paling penting yakni performa. Acer Nitro 5 (AN515-42) selain datang dengan desain ala laptop hardcore gaming, performanya pun demikian. Mengapa? Sebab jika menilik spesifikasi yang tertanam, Acer Nitro 5 (AN515-42) cukup bisa dibanggakan kendati labelnya hanya laptop gaming entry level. Berbekal AMD Ryzen 7 2700U 4 Core 8 dengan kemampuan core clock hingga 3,8 Ghz.

Seharusnya Acer sudah bisa menggoda konsumen laptop tanah air lewat perangkat Nitro 5-nya ini. Aspek lainnya yang patut dibanggakan adalah sokongan grafis lewat Radeon RX Vega dengan 10 Compute Unit, GPU Clock 1300 MHz yang diperkuat Radeon RX 560X dengan 4 GB GDDR5.

Untuk RAM-nya sendiri Acer Nitro 5 (AN515-42) dibekali dengan DDR4 8 GB. Jika kurang, Acer menyediakan kemungkinan penambahan yang tersedia lewat opsi upgrade memori dengan dual channel. Seperti yang kami bahas sedikit di atas, perangkat ini membawa kemudahan penyuka upgrade lewat adanya back door compartment atau pintu bagian belakang.

Dengan fitur tersebut, menggapai area RAM dan hardisk bisa dilakukan dengan mudah hanya berbekal obeng plus (+) berukuran kecil saja. Ruang simpan lainnya, yakni hardisk. Perangkat ini juga hadir dengan kapasitas yang lega, yakni sebesar 1 TB dengan SSD 128 GB.

Soal kemampuan, selain bermain game, perangkat ini dalam penggunaan sehari-hari juga kami ajak bekerja cukup keras dan intens. Dalam mengerjakan aplikasi standar kantoran, semuanya bisa dilakukan dengan amat sangat mudah. Untuk kebutuhan gaming? Apa lagi. Mau diajak bekerja kreatif lewat software editing tingkat lanjut dengan kemampuan 3D? Bisa juga.

Saat diuji dengan Creative Accelerated PCMark 8 bisa mendapatkan skor 4757. Skor yang tinggi untuk sekadar menjalankan aplikasi kantoran. Editing foto dengan filter-filter bisa diselesaikan kurang dari 1 detik saat rendering. Begitu juga untuk editing video ringan yang bisa diselesaikan cepat.

Kemampuan rendering video juga diakui dari hasil Cinebench R15. Acer Nitro 5 bisa mendapatkan skor 33,93 FPS. Sedangkan CPU skornya mencapai 595 CB.

Menyinggung soal daya, pengalaman kami mencoba perangkat ini dalam segala aspek seperti bekerja, editing, dan gaming, laptop ini mencatatkan durasi pemakaian yang terbilang singkat. Mengapa? Sebab pengolah grafis atau GPU-nya terbilang ‘serakah’ untuk urusan daya. Jadi alokasi daya baterai 4 Cells 3.320 mAh-nya memang akan banyak dialokasikan ke sana.

Untuk waktu pemakaian, kami membukukan laptop ini di waktu penggunaan non-stop selama kurang lebih empat jam. Dengan durasi segitu, kami menggunkannya dari baterai terisi penuh hingga sinyal baterai menunjukan lima persen kemudian daya mati. Berbeda dengan waktu penggunaan, waktu pengecasannya terbilang cepat yakni 2 jam 10 menit dari kondisi benar-benar mati hingga 100 persen.

Acer Nitro 5, Laptop Acer Nitro 5, Acer Nitro 5 review
Unigine Valley Benchmark (Screenshot)

Gaming

Sebelum bermain game, kami juga menguji kemampuan Acer Nitro 5 melalui 3D Mark. Hasil untuk Fire Strike adalah 5308 dengan Graphic Test 1 sebesar 31,22 FPS. Angka itu sudah cukup untuk menghasilkan gambar yang enak dilihat oleh mata manusia. Cocok dengan spesifikasi layar laptop yang Full HD.

Kami juga mencobanya dengan aplikasi Unigine Valley Benchmark. Skornya tinggi. Yakni 1674. FPS rata-rata yang tercatat mencapai 40 FPS dengan nilai terendah 18,7 FPS dan tertingginya 71,2 FPS.

Acer Nitro 5, Laptop Acer Nitro 5, Acer Nitro 5 review
PCMark (Screenshot)

Berbekal dua hasil benchmark itu, kami yakin jika Acer Nitro 5 tidak akan kesulitan untuk menjalankan berbagai game mainstream. Benar saja, saat dicoba menjalankan GTA V dengan setting grafis rata kanan alias tertinggi, permainan masih bisa jalan dengan smooth.

FRAPS merekam bahwa game GTA V berhasil menghasilkan rata-rata nilai 45.630 FPS. Skor terendahnya adalah 24 FPS dan tertingginya 63 FPS. Menjadi bad boy di game sukses karya Rockstar ini bisa berjalan sangat lancar karena tidak ada lag.

Begitu juga saat dicoba menjalankan game berat Need For Speed Payback dengan seting grafis maksimal. Acer Nitro 5 menghasilkan nilai rata-rata 38,595 FPS. Nilai terendahnya adalah 30 FPS dan tertingginya 46 FPS. Sama seperti GTA V, main balapan dengan laptop ini, sama sekali tidak ada lag.

Acer Nitro 5, Laptop Acer Nitro 5, Acer Nitro 5 review
Percobaan Rise of The Tomb Raider. (Screenshot)

Percobaan terakhir adalah Rise of The Tomb Raider yang juga dengan grafis maksimal. Tak ada kendala sama sekali karena menghasilkan 40,27 FPS untuk Mountain Peak. Lalu, untuk Syria sebesar 30,18 FPS dan Geothermal Valley sebesar 29,26 FPS. Nilai yang tinggi juga membuat game ini bisa dijalankan tanpa lag.

Seperti biasa, kami juga mengujinya untuk bermain secara online FIFA 19. Dengan setting grafis tertinggi dan lock FPS 60, juga tidak ditemukan kendala. Selama koneksi internet yang dimiliki kencang, dijamin bermain game ini secara online tidak akan bikin emosi.

Kesimpulan

Pengalaman menggunakan Acer Nitro 5 (AN515-42) terbilang menyenangkan. Melihat desainnya, laptop ini memang bukan hadir untuk meramaikan laptop gaming dengan desain tipis sekaligus bobot ringan.

Kendati demikian, desain tegas pada perangkat ini tetap menjadi perhatian kami. Kami suka, walaupun tidak semahal laptop gaming hardcore yang diperuntukan adu spesifikasi rata kanan alias ultra dengan harga selangit. Laptop ini tidak kehilangan kebanggaan ketika di pajang di keramaian.

Dari aspek spesifikasi, meski bukan laptop gaming hardcore, perangkat ini tetap andal untuk gaming dengan harga Rp 14,7 jutaan. Tidak hanya gaming, pekerjaan kreatif pun sanggup dilibas Acer Nitro 5. Walaupun seperti kami bilang, agak sayang kalau hanya diajak bekerja.

Aspek lainnya, Acer Nitro 5 juga dilengkapi dengan Windows 10 Home dan dukungan upgrade ke SSD NVMe yang lebih cepat 2X dari SSD biasa. Kemudian, fleksibilitas upgrade lewat door compartment juga menjadi nilai tambah. Overall, untuk Acer Nitro 5 (AN515-42) dengan sokongan AMD Ryzen Mobile, antara harga, desain dan performa patut diacungi jempol. Desain seksi, harga tak begitu mahal, performa gahar.