8 Ton Lebih Bantuan Logistik Dikirim ke Sulteng






JawaPos.com – Bantuan logistik untuk korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) diberangkatkan, Minggu (28/10) dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau. Bantuan dari masyarakat Kota Pekanbaru itu, diberangkatkan mengguakan pesawat Hercules C-130.





Total bantuan yamg dikirimkan sebanyak 8,9 ton. Bantuan itu berupa makanan seperti beras, mi instan, susu dan lainnya. Serta ada juga pakaian maupun obat-obatan. 





“Sesuai komitmen pemimpin TNI Angkatan Udara bahwa, diintruksikan kepada seluruh pangkalan udara untuk memfasilitasi dan menampung bantuan-bantuan untuk korban bencana di Palu, Sigi, Donggala,” kata Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, Minggu (28/10) pagi.



Penyerahan bantuan logistik dari Pemerintah Kota Pekanbaru kepada Lanud Roesmin Nurjadin untuk dikirimkan, Minggu (28/10). (Virda Elisya/JawaPos.com)





Bantuan ini dikumpulkan dari Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau maupun seluruh masyarakat, melalui posko peduli Palu yang didirikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pekanbaru. “Baik pemerintah daerah maupun seluruh masyarakat yang ingin memberikan bantuan, dikumpulkan di Lanud dan akan diserahkan ke Palu melalui pangkalan udara kita di Halim Perdana Kusuma,” jelasnya.





Sementara itu, Kepala BPBD Pekanbaru, Burhan Gurning mengatakan, pihaknya mulai mendirikan posko bantuan ini sejak tanggal 1 Oktober 2018 lalu. “Jadi bersama dengan Pemprov (mendirikan) kita buat di samping kantor Gubernur,” ucapnya.





Khusus Pemerintah Kota (Pemkot) berhasil mengumpulkan bantuan sekitar 6,9 ton logistik. “Ini khusus Pemkot. Diluar itu juga ada bantuan uang tunai. Tapi uang tunai belakangan. Yang diperlukan bantuan logistik,” pungkasnya.






(ica/JPC)