8 Tips Make-Up untuk Guru dan Dosen Agar Fresh Tanpa Berlebihan

JawaPos.com – Profesi sebagai guru atau dosen adalah teladan bagi para siswanya. Mereka adalah contoh dan pahlawan tanpa tanda jasa karena mentransfer ilmu kepada para siswa sehingga menjadi pandai.

Tapi, agar penampilan tetap terlihat fresh dan cantik, para guru dan dosen tetap harus memerhatikan riasan wajahnya. Dengan make-up yang tetap, para pengajar tetap cantik tanpa berlebihan yang mendukung penampilan sopannya.

Meski begitu, harus diakui kalau guru memiliki jadwal yang cukup sibuk dan terkadang lupa memanjakan diri. Riasan bisa pudar dengan cepat karena agenda yang padat dan tekanan yang begitu tinggi dalam menghadapi siswa.

Maka dalam mengaplikasikan make-up, meski tidak perlu berlebihan tetapi paling penting adalah bisa tahan lama. Dilansir dari Boldsky, Jumat (20/9), ada beberapa langkah tepat untuk mengaplikasikan make-up yang sederhana tanpa terlalu berlebihan tetapi tetap sopan dan karismatik buat guru.



1. Alas Bedak

Alas bedak yang terlalu tebal tidak cocol bagi pengajar. Guru membutuhkan sesuatu yang ringan, sederhana dan menyatu langsung ke kulit. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan pelembab berwarna atau krim BB/CC. Krim ringan dan bertahan sepanjang hari sehingga tidak perlu khawatir untuk touch-up.

2. Concealer

Concealer bisa menyembunyikan bintik-bintik atau noda hitam. Cukup beri sedikit concealer pada noda-noda yang mengganggu penampilan.

3. Eyeshadow Netral

Ilustrasi dandan. Jangan gunakan eyeshadow berwarna saat ingin mengajar. (boldsky)

Pilih warna natural untuk eyeshadow Anda. Yang terbaik adalah menggunakan eyeshadow netral, yang dekat dengan jenis kulit. Ini akan menambah penampilan tanpa terlalu menor.

4. Eyeliner

Eyeliner bersayap bukanlah ide terbaik. Tambahkan eyeliner tipis saja pada garis asta mata. Liquid eyeliner adalah pilihan paling baik.

5. Penjepit Bulu Mata

Cukup menggunakan penjepit bulu mata jika tak punya banyak waktu untuk berdandan atau merapikan bulu mata.

6. Alis

Alis adalah bagian paling penting. Bahkan hanya dengan pakai alis dan lipstik sebetulnya sudah cukup untuk mengajar secara natural.

7. Blush On Natural

Anda hanya perlu sedikit warna di pipi. Gunakan tangan dan pilih warna yang ringan untuk warna yang lembut.

8. Lipstik Matte

Jangan gunakan warna-warna cerah dan tebal untuk warna lipstik. Pilih warna-warna yang halus, netral dan nude yang memberi tampilan profesional dan elegan. Selain itu, tetap menggunakan lipstik matte dan semi-matte serta hindarilah lipstik glossy.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani