8 Pertanda Arab Saudi Mulai Berubah Jadi Negara Liberal

8 Pertanda Arab Saudi Mulai Berubah Jadi Negara Liberal - JPNN.COM

RADAR MALANG ONLINE – Pangeran Muhammad bin Salman berniat membawa Kerajaan Arab Saudi menjadi negara yang lebih moderat dan liberal. Meski belum berkuasa, visinya tersebut sudah mulai terlihat dalam kebijakan-kebijakan terbaru Saudi.

Mulai dari mengizinkan perempuan mengemudi sampai mencabut larangan puluhan tahun keberadaan bioskop adalah pertanda Saudi mulai meningkalkan paham konservatif. Bahkan, ada kemungkinan di masa depan kita bisa melihat wanita berbikini mondar-mandir di pantai negeri tersebut.

Berikut delapan kebijakan moderat ala Saudi:

1. Vision 2030
Pada April 2016, pemerintah Saudi menyetujui rencana reformasi besar yang dijuluki Vision 2030. Visi tersebut ditujukan untuk diversifikasi ekonomi yang selama ini bergantung pada minyak.



Diprakarsai oleh Putra Mahkota Muhammad bin Salman (MBS), mereka melibatkan privatisasi bagian dari raksasa minyak Aramco dan membentuk dana kekayaan kedaulatan sebesar USD 2 triliun.

2. Pariwisata
Pada 1 Agustus 2017, MBS mengumumkan sebuah proyek pariwisata besar-besaran untuk mengubah 50 pulau dan serangkaian situs di Laut Merah menjadi resor mewah. Meski dikaruniai keindahan alam, Kerajaan Arab tidak pernah dipandang sebagai kawasan wisata.

Pada Oktober, Riyadh juga mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk mulai menerbitkan visa turis segera. Tidak hanya itu, tidak berbeda dengan wisatawan yang mengunjungi resor di negara lain, turis-turis yang nanti mengunjungi Saudi akan diizinkan pakai bikini.

3. Perempuan Saudi di Stadion
Pada 23 September, ratusan wanita Saudi mengambil kursi mereka di sebuah stadion olahraga untuk pertama kalinya dalam sejarah negara tersebut. Pihak berwenang sejak saat itu mengumumkan bahwa perempuan akan diizinkan menghadiri acara olahraga di tiga stadion mulai tahun 2018.

Sumber : Jawa Pos

Source link