76 Tahun Tenggelam Lady Lex Akhirnya Ditemukan

76 Tahun Tenggelam Lady Lex Akhirnya Ditemukan

Bangkai kapal tersebut ditemukan pada Minggu oleh kapal penelitian tim R/V Patrel yang berjarak sekitar 3.000 meter di bawah permukaan laut pantai timur Australia.

Tim pencari kapal telah merilis gambar serta video bangkai kapal USS Lexington yang merupakan salah satu kapal induk AS pertama dan beberapa pesawat yang tenggelam bersama kapal tersebut. Pesawat yang diawetkan tersebut dapat dilihat di dasar laut yang diberi tanda bintang oleh Angkatan Udara dan Angkatan Darat AS di sayap dan badan pesawat.

Selain itu, pada sebuah bangkai pesawat terdapat lambang karakter kartun Felix The Cat dan empat miniatur bendera Jepang yang menggambarkan arti kata membunuh. Tim pencari kapal tersebut juga merilis beberapa gambar dan video dari bagian-bagian kapal termasuk papan nama juga senjata antipesawat terbang yang sudah diliputi lendir bawah laut seperti dilansir AFP, Selasa, (6/3).

USS Lexington dan USS Yorktown yang merupakan kapal induk AS kala itu berperang melawan tiga kapal induk Jepang sejak 4 hingga 8 Mei 1942 dalam Pertempuran Laut Coral yang merupakan perang kapal pertama. Lexington rusak parah kemudian dijuluki sebagai Lady Lex sengaja ditenggelamkan oleh kapal perang AS lainnya saat pertempuran berakhir.

Sebanyak lebih dari 200 anggota tewas dalam pertempuran tersebut. Namun, sebagian besar berhasil diselamatkan oleh kapal-kapal AS lainnya sebelum Lexington akhirnya tenggelam.

Laksamana Harry Harris sebagai Kepala Komando Pasifik militer AS merupakan anak dari salah satu pelaut yang dievakuasi dalam kejadian tersebut. Ia memberi apresiasi sebagai bentuk penghormatan kepada usaha penelitian tim pencari kapal yang berhasil menemukan bangkai Kapal Lexington.

Harris mengatakan, sebagai korban selamat dari tragedi USS Lexington ia mengucapkan selamat kepada Paul Allen dan awak kapal ekspedisi Research Vessel (R/V) Petrel sebagai tim pencari yang berhasil menemukan bangkai ‘Lady Lex’ yang sudah tenggelam selama hampir 76 tahun di Pertempuran Laut Coral.

Ia menambahkan, mereka menghargai keberanian dan pengorbanan para pelaut di dalam Lady Lex kala itu. Mereka semua orang Amerika yang sudah bertempur dalam Perang Dunia II yang memperjuangkan kemerdekaan. USS Lexington tenggelam bersama 35 pesawat.


(trz/JPC)