7 Penyebab Umum Keguguran pada Ibu Hamil

Ini Deretan Makanan yang Perlu Dihindari Selama Masa Kehamilan - JPNN.com

jpnn.com – Banyak hal yang dapat menjadi penyebab keguguran yang terkadang tidak  disadari ibu hamil. Mulai dari kondisi janin, riwayat kesehatan ibu, hingga gaya hidup ibu. 

Keguguran merupakan kondisi di mana kehamilan terhenti sehingga janin keluar sebelum usianya mencapai 20 minggu. Biasanya, keguguran lebih sering terjadi antara minggu ke-4 sampai minggu ke-12 atau yang biasa disebut dengan trimester pertama.

Tak heran, masa-masa ini sangatlah rentan bagi seorang ibu hamil. Faktanya, dilansir dari Web MD, lebih dari 80% keguguran terjadi dalam tiga bulan pertama kehamilan. Keguguran lebih kecil kemungkinannya terjadi setelah usia kehamilan 20 minggu.

Penyebab umum ibu mengalami keguguran
Untuk menghindari hal itu, Anda harus mengetahui penyebab umum keguguran. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Faktor genetik

Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, penyebab keguguran sendiri sebenarnya masih belum diketahui pasti. Namun, para ahli sepakat bahwa faktor genetik bisa menjadi penyebab ibu hamil mengalami keguguran. 

“Sekitar 2-4 persen kasus keguguran berhubungan dengan kelainan genetik. Karena itu, lakukan evaluasi dan tes genetik terlebih dahulu untuk melihat apakah ada kelainan kromosom atau mutasi pada gen tertentu,” kata dr. Devia. 

Dalam keadaan normal, setiap manusia memiliki 46 kromosom atau 23 pasang. Jika jumlahnya kurang atau lebih dari 23 pasang, dapat meningkatkan risiko keguguran karena janin tidak dapat berkembang dengan normal.