7 Kiat Menjaga Kesehatan Mental Sebelum Operasi

7 Kiat Menjaga Kesehatan Mental Sebelum Operasi - JPNN.com

jpnn.com – Beberapa kondisi membuat seseorang harus menjalani operasi, dan wajar itu bisa menimbulkan rasa cemas atau takut. Namun, ada saatnya rasa kecemasan tersebut memburuk, sehingga berpotensi menimbulkan masalah.

Tarik napas dan tenangkan diri, ada cara untuk menjaga kesehatan mental jelang operasi.

Kecemasan sebelum operasi (preoperative atau preoperational anxiety) sangat umum ditemui. Kondisi ini digambarkan sebagai stres yang tidak menyenangkan, kegelisahan, atau ketegangan akibat rasa takut atau keraguan akan hal-hal yang mungkin terjadi selama operasi berlangsung.

Ketika Kecemasan Berkembang Menjadi Masalah Psikis

Rasa cemas sebelum operasi bisa menjadi masalah psikis ketika ketakutan yang dirasakan begitu besar, sehingga pasien merasakan gejala fisik seperti jantung berdebar, mual, dan nyeri dada.

Kecemasan yang parah, yaitu serangan panik, bisa terjadi saat seseorang yang takut dioperasi terus-menerus memikirkan ketakutannya. Pasien dengan gangguan kecemasan mungkin lebih rentan terhadap rasa cemas sebelum operasi dibandingkan dengan pasien tanpa gangguan tersebut. Namun, pasien yang akan menjalani operasi pertama kalinya juga dapat mengalaminya.

Cara Mengatasi Cemas Menjelang Operasi

Sebetulnya tidak ada cara pasti untuk mengusir rasa cemas dan takut menjelang operasi. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa cemas yang menyelimuti, demi menjaga kesehatan mental. Apa saja?