7 Hacks Bikin Presentasimu Makin Oke!

MALANG – Presentasi bukan cuma materi, tapi juga penampilan. Semakin menarik tampilan presentasi, maka semakin besar pula nilai plus yang didapatkan. Kalau biasanya kamu masih menampilkan presentasi yang gitu-gitu aja alias monoton dan membosankan, coba deh eksplor penggunaan fitur di PowerPoint biar menghasilkan slide presentasi – atau konten visual apapun, yang makin maksimal. Here’s the list of that hacks!

1. Atur Ukuran Sesukamu

Meski pada dasarnya digunakan untuk membuat slide presentasi dengan orientasi landscape dan ukuran 4:3, nyatanya Microsoft PowerPoint juga bisa dimanfaatkan lebih dari itu lho! Go to DESIGN > PAGE SETUP > CUSTOM. Di situ, kamu bisa mengatur ukurannya sesukamu.

2. Eksplor Fitur Shape, Chart dan Smartart
PowerPoint punya banyak pilihan shape yang bisa kamu variasikan, lho! Coba deh think out of the box buat mengombinasikannya jadi konten yang apik. Permainan warna dalam kombinasi shape, chart dan smarart juga bisa kamu eksplor kalau ingin dapat visual yang maksimal!

3. Maksimalkan Fitur Edit Text
Presentasi membosankan, siapa yang mau merhatikan? Be a little pop out with a typography style! Microsoft PowerPoint punya segudang tools untuk mengedit teks, mulai dari text fill, text outline, hingga text effects. Sesuaikan dengan komposisi warna dan shape supaya hasilnya gak terkesan too much, ya!




4. Ubah Warna Gambar

Mulai dari ubah warna gambar jadi black and white, sephia hingga warna-warna lainnya bisa kok. Pilihan untuk mengatur brightness, contrast dan sharoness foto juga bisa langsung dilakukan di sini. Jadi, kalau lagi bikin presentasi dengan materi foto yang banyak, gak perlu deh pindah-pindah aplikasi.

5. Menghilangkan Background
Insert photo > Klik format > Pilih remove background atau Color > Set transparent color. Udah pernah tau hack ini sebelumnya? Meski bisa digunakan untuk menghilangkan background, hasilnya gak begitu maksimal dan rapi. Tapi, seenggaknya bakal mempermudah kamu untuk gak berpindah-pindah aplikasi hanya untuk membuat presentasi. It’s already in one package! Sebagai catatan, fitur ini hanya bisa diterapkan ke gambar atau foto dengan background solid color aja ya.

6. Kenali Tools yang Helpful
Masih banyak lagi tools pendukung yang membantu kamu untuk bikin proses edit presentasi jadi lebih cepat dengan hasil lebih rapi. Contohnya, fitur ‘bring forward’ dan ‘send backward’ untuk mengatur urutan/tumpukan gambar atau fitur ‘guides’, yaitu garis bantu untuk mempermudah ketika ingin mengetahui center atau lurusnya text, shape atau gambar dalam sebuah kanvas. Contoh lainnya, fitur ‘selection pane’ untuk menyembunyikan dan memunculkan kembali gambar atau elemen yang ada di slide kanvas. Wah, udah kayak photoshop aja nih!

7. Disimpan dengan Berbagai Format
Emang gak semua laptop atau semua versi Microsoft PowerPoint punya fitur ini sih. Beruntung banget kalau Microsoft kamu bisa menyimpan PowerPoint dalam format lain selain ppt. Caranya? Save as > Pilih sesuai kebutuhanmu. Kamu bisa membuatnya tersimpan dalam bentuk JPG, PNG, hingga PDF.

Penulis: Ananda Triana
Ilustrasi: Ananda Triana
Penyunting: Fia