67,4 kg Sabu Gagal Edar, Pelaku Kabur Dari Petugas




JawaPos.com – Penyelundupan narkoba jaringan internasional kembali digagalkan. TNI berhasil menyita 67,4286 Kg sabu-sabu dari perairan Seruwai, Aceh Tamiang, Aceh.



Barang haram itu, diduga berasal dari Malaysia. Dua orang yang diduga pelakunya berhasil lolos dari petugas.




Penyelundupan itu, digagalkan TNI pada Kamis (13/9) sekira pukul 06.45 WIB. Dalam menggagalkan penyelundupan sabu itu, tim patroli Posal Seruwai menghentikan satu unit speedboat di alur Kuala Peunaga lama atau koordinat 04 43 99 U – 098 24 83 T.



Sebelumnya, informasi soal pengiriman itu, sudah dikantongi petugas sejak Selasa (11/9). Mereka mendapatkan informasi ada sebuah speedboat dari Penang, Malaysia ke daerah Seruwei. Penyelundup diduga membawa narkoba jenis sabu-sabu.





“Berkat adanya informasi dari para nelayan dan masyarakat pengguna transportasi laut,” kata Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Yudo Margono, Jumat (14/9).



Selanjutnya, tim patroli menemukan perahu cepat yang dicurigai di daerah alur Kuala Peunaga lama. Mereka pun mencoba menghentikan untuk melakukan pemeriksaan.



Saat dihentikan, speedboat fiber warna hijau les merah itu melaju. Petugas melepas 3 kali tembakan peringatan. Speedboat akhirnya berhenti di tepi alur. Dua orang diduga penyelundup langsung lompat ke darat dan masuk ke hutan.



“Masih kita lakukan pengejaran,” ujar mantan Lantamal I Belawan itu.



Dari dalam perahu, petugas menemukan dua tas besar, tiga tas punggung dan sebuah tas pinggang berisi sabu. Speedboat bermesin 200 PK itu kemudian ditarik.



Pada pukul 19.00 WIB, barang bukti diserahkan kepada Tim Pomal Lantamal I Belawan dan dibawa menuju Lantamal I Belawan. Setelah ditimbang di hadapan BNN, di antara barang bukti terdapat 67,4286 Kg sabu-sabu.



“Keberhasilan penggagalan tersebut merupakan komitmen dari TNI AL, khususnya Koarmada I membantu program pemerintah memberantas peredaran narkotika di tanah air yang semakin marak,” tandasnya.








(pra/JPC)