614 Polantas Amankan Jalur Masuk Lokasi Debat Capres Sesi Kedua

JawaPos.com – Sebanyak 614 personel polisi lalu lintas akan diterjunkan untuk mengatur arus kendaraan menuju lokasi debat calon Presiden sesi kedua yang akan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (17/2). Ditlantas Polda Metro Jaya mengaku tidak akan melakukan rekayasa arus lalu lintas di jalur utama Jalan Sudirman dan sekitarnya.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Muhammad Nasir mengatakan, arus lalin akan berjalan biasanya menjelang debat sesi kedua calon presiden. Hanya saja, pelaksanaan debat capres sesi kedua yang dilaksanakan di Hotel Sultan tersebut, Ditlantas akan menambah jumlah personel.

“Hanya penambahan untuk pam lalin saja. Sebanyak 614 orang personel lalin diterjunkan di titik menuju lokasi debat,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (17/2).

Terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusuf memastikan jika jalannya debat sesi kedua yang dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat itu tidak akan dilakukan penutupan arus lalu lintas.



Kendati demikian, polisi akan mengatur sirkulasi jalur masuk keluar kendaraan menuju arah lokasi Hotel Sultan. Dikatakannya, selama debat personel polisi lalu lintas akan berjaga di sekitar pintu masuk dan keluar hotel untuk memastikan arus lalu lintas di sana.

Selain itu, Yusuf juga memastikan akan mrngatur lalu lintas di sekitar lokasi sehingga tidak ada penumpukan kendaraan dan menyebabkan kemacetan.

“Untuk penutupan arus tidak ada. Hanya dilakukan pengaturan sirkulasi masuk keluar di lokasi kegiatan, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan,” kata Yusuf.

Selain itu, untuk keamanan jalannya penyelenggaraan debat calon presiden, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono menegaskan, jajaran personel gabungan berjumlah 2.000 lebih yang akan berjaga di ibu kota. Khususnya, rute yang akan dilalui kedua calon presiden.

Argo pun menjelaskan bahwa akan ada empat ring penjagaan di sekeliling panggung utama debat. Ring pertama akan dijaga oleh satuan Pasukan Pengamanan Kepresidenan (Paspamres), ring kedua, akan dijaga oleh pasukan TNI-Polri dan di ring ketiga, akan dijaga satuan kepolisian dari Polda Metro Jaya. Dan ring keempat, di sekitar area masuk keluar masuk pasangan calon, dan jalur evakuasi darat dan udara.

“Skema pengamanan tidak jauh beda dengan debat sebelumnya. Artinya, pengamanan nantinya akan menerapkan sistem empat lapis,” ujarnya di Polda Metro Jaya, Kamis (14/2).

Editor           : Bintang Pradewo

Reporter      : Wildan Ibnu Walid