6 Kebaikan Kafein Ini Bikin Kamu Jadi Kepengin Ngopi

three beautiful elegant girls in white shirts and black jackets sit at the restaurant at the table and use notebooks and pens, they also drink coffee

MALANG KOTA – Minum kopi kini menjadi gaya hidup sebagian masyarakat urban. Tengok saja, banyak coffee shop mulai dari level highend hingga low end, alias kopi pinggiran mewarnai hampir setiap sudut Kota Malang.
Manfaat kopi sendiri bagi kesehatan masih menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan kopi tidak baik bagi tubuh, karena menyebabkan darah tinggi, hingga insomnia. Di luar itu, kafein yang terkandung dalam kopi memiliki segudang manfaat. Melansir allwomenstalk, berikut manfaat kafein yang bikin kamu harus ngopi, minimal satu hari sekali.

1. Mencegah Ngantuk

Manfaat kopi untuk mencegah ngantuk sudah dikenal lama. Banyak orang yag mengonsumsi kopi demi melawan serangan kantuk. Wajar, sebab kafein memiliki sifat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan yang akan membuat produksi hormon adrenalin meningkat. Hasilnya, tubuh menjadi lebih segar dan kantuk pun hilang.
“Kandungan kafein pada kopi robusta lebih tinggi ketimbang arabica. Saya sarankan, kopi robusta diminum pagi hari sebelum memulai aktifitas. Sedangkan kalau sore hari, pilih arabica yang kandungan kafeinnya lebih rendah sehingga tidak sampai mengalami susah tidur,” terang penggiat kopi, Aditya Ong.

2. Menguatkan Ingatan
Kafein juga mampu meningkatkan daya ingat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins University di Amerika Serikat, ada 160 orang yang diberikan treatment berbeda dimana sebagian diberikan kafein sebanyak 200 mg, sedangkan sebagian lain diberikan kafein buatan. Hasilnya, pada orang yang memang jarang mengonsumsi kafein, dosis 200 mg mampu menambah daya ingat karena mereka dapat mengingat gambar-gambar yang diberikan sebelumnya.

3. Cegah Parkinson dan Alzheimer
Alzheimer jamak disebut pikun. Kafein pada kopi yang mampu menguatkan memori, secara otomatis mampu membantu mencegah penurunan daya ingat.



4. Membantu Pembersihan Usus Besar
Susah buang air besar? Cobalah minum kopi di pagi hari. Kafein pada kopi memiliki senyawa alkaloid xantina kristal yang akan membersihkan usus besar dari racun. Tapi jangan sampai takaran kafein yang Anda minum berlebihan sebab kafein tinggi akan memicu penyakit maag.

5. Tingkatkan Energi
Bukan hanya membersihkan usus besar, senyawa alkaloid xantina pada kafein juga mampu mengeluarkan epinefrin. Hormone ini memacu produksi adrenalin. Saat adrenalin meningkat, maka akan terjadi peningkatan energi pada tubuh.

6. Kurangi Stress
Lagi-lagi kandungan alkaloid xantina pada kafein membuat kopi sangat layak dikonsumsi. Kandungan tersebut terbukti mampu merangsang produksi zat dopamine, neurotransmitter yang berfungsi mengaktifkan pusat kesenangan dalam otak. Hasilnya, tubuh akan merasakan senang sehingga depresi berkurang.