6 Cara Ini Bisa Mengatasi Rasa Putus Asa Anda

Hati-hati, Depresi Bisa Menular - JPNN.com

jpnn.com – Ikhsan Bella Persada, M.Psi, psikolog dari KlikDokter mengatakan, rasa putus asa yang terus dibiarkan bisa berujung pada depresi.

Supaya itu tidak terjadi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah tidak sungkan meminta bantuan. Pada dasarnya, pertolongan yang tepat dapat membantu seseorang bangkit dari keterpurukan.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa putus asa

Selain dengan minta bantuan (atau mungkin saat Anda belum merasa siap untuk mencari bantuan), Anda juga dapat mengatasi rasa putus asa dengan melakukan hal-hal seperti:

1. Terhubung dengan orang-orang yang Anda kasihi

Harapan bisa kembali muncul bila Anda tetap terkoneksi dengan orang-orang yang Anda sayangi. Mencari dukungan lewat sahabat, pasangan, atau keluarga dapat meyakinkan diri untuk tidak patah semangat.

2. Menangislah

Jangan menahan emosi, menangislah bila ingin. Menekan emosi negatif bisa membuatnya tersimpan dalam diri dan bertahan lebih lama. Bila merasa putus asa, ekspresikan saja selama beberapa waktu dan keluarkan emosi yang Anda rasakan. Setelahnya, hirup udara segar dengan berjalan kaki untuk menjernihkan pikiran dan memenuhinya dengan emosi positif.