57 Kelurahan Promosi UMKM di Apeksi

MALANG KOTA – Pemkot Malang bakal memanfaatkan ajang Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2018 untuk promosi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pemkot Malang bakal mengirimkan lebih dari 62 orang dalam kegiatan yang bakal berlangsung pada 24–28 Juli di Tarakan ini.

”Nanti, semua kelurahan, yakni 57 kelurahan ikut. Mereka akan pamerkan potensinya masing-masing di sana,” kata Sekda Kota Malang Wasto usai rapat koordinasi di ruang rapat Balai Kota Malang kemarin.

Menurut dia, ada beberapa hal yang disiapkan tim Kota Malang pada agenda tersebut. Di antaranya, menyiapkan bibit pohon khas Kota Malang, festival budaya, dan pameran UMKM. ”Kalau bibit pohonnya masih proses identifikasi,” terangnya.

Sementara itu, Kabag Pemerintahan Kota Malang Dicky Haryanto mengklaim bahwa kegiatan tersebut tanpa anggaran dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Karena Kota Malang kapasitasnya undangan dari panitia penyelenggara.

”Kami undangan, jadi nggak ada anggaran,” ungkap pria yang berprofesi sebagai PNS sejak 1997 ini.

Hanya saja, masih kata dia, jika ada anggaran yang tidak ditanggung panitia, maka pihaknya bakal menyerahkan ke masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Sehingga, jumlahnya disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan OPD.

”Kalau memang dibutuhkan, kami serahkan ke masing-masing OPD,” ujarnya.

Lebih lanjut, khusus untuk festival budaya, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada dinas terkait. Namun, diperkirakan bakal menampilkan budaya khas Kota Malang, seperti Tari Topeng Malangan.

”Kemungkinan besar menampilkan budaya khas Malang nanti,” terang dia.

Pewarta: Imam Nasrodin
Penyunting: Irham Thoriq
Foto: Rubianto